Skip to content

Mantan Menteri Ini Bangun Wisata di Pinggir Kota

5 Maret 2017

tpc-tahun-2017-pagar

WAJAHNYA berseri-seri. Pria berusia 55 tahun itu menyapa ramah para jurnalis yang sudah menantinya.

“Langsung saja tanya jawab yah?” sergah Chairul Tanjung, pengusaha nasional, di Depok, Jumat, 4 Maret 2017 pagi.

Tanya jawab pun bergulir. Mantan menteri koordinator perekonomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menjawab setiap pertanyaan dengan lancar. Sesekali diselingi gurauan guna mencairkan suasana.

“Wah, jangan meremehkan saya, cadangan lahan saya banyak di beberapa kota,” seloroh dia, sedikit bergurau ketika ada jurnalis yang bertanya berapa cadangan lahan yang dimiliki perusahaan miliknya, CT Corp.

Ya. Belakangan, sang mantan menteri itu agresif merangsek ke bisnis properti melalui anak usahanya Trans Property. Di bawah Trans Property terdapat sejumlah anak usaha yang didirikan untuk menggarap masing-masing proyek. Contohnya, di Bandung ada PT Para Bandung Propertindo (PBP) dan PT Trans Cibubur Properti (TCP).

Khusus yang terakhir, dipercaya menggarap proyek properti dan destinasi wisata Trans Park Cibubur (TPC) senilai Rp 3 triliun. “Nanti disini ada apartemen, mal, hotel, dan theme park. Sebuah tempat wisata keluarga yang sehat,” tutur Chairul Tanjung.

new_map
TPC terletak di Jl Alternatif Cibubur yang menghubungkan Jakarta Timur dengan Depok, Bekasi, dan Bogor. Letaknya di pinggir kota Jakarta Timur, persisnya sudah masuk ke kawasan Depok. “Mencari tanah di Jakarta tidak mudah. Akhirnya kami dapat disini. Target market kami mayoritas dari Jakarta,” kata dia.

Bahkan, jalur ini juga menyambung hingga ke Cianjur dan Bandung. Jalan ini merupakan sebuah kawasan yang dikenal padat arus lalu lintasnya, terutama pada jam-jam sibuk dan tentu saja saat akhir pekan. Maklum, di kawasan ini berdiri banyak kawasan pemukiman dan area komersial termasuk destinasi wisata seperti Taman Buah Mekarsari dan Water Kingdom.

Lokasi TPC juga tak jauh dari kediaman pribadi mantan Presiden SBY yang juga mantan bos Chairul Tanjung selaku menteri koordinator perekonomian pada 2004.

Proyek destinasi wisata yang digarap sang mantan menteri itu mirip dengan yang sudah dibangunnya di Bandung dan Makassar, yakni Trans Studio. Kehadiran wahana itu untuk memenuhi kebutuhan kelas menengah Indonesia yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. “Terutama kebutuhan kelas menengah akan hunian dan hiburan keluarga yang sehat,” tegasnya.

Presiden Direktur PBP Wibowo Iman mengatakan, Trans Park Cibubur digadang-gadang sebagai hunian, tempat bisnis sekaligus wisata. Karena itu, proyek ini dilengkapi dengan Trans Studio Theme Park berkelas dunia yang dilengkapi Marvel Science Center. “Fasilitasnya sama dengan yang kami miliki di Bandung dan Makassar,” kata dia, di tempat yang sama.

chairul-di-tpc-2017
CT Corp menyulap bekas stasiun pompa bensin umum (SPBU) menjadi sebuah proyek properti terpadu. Berdiri di atas lahan seluas total 4,1 hektare, kelak TPC diharapkan menjadi tujuan wisata warga Jakarta dan sekitarnya.

Akankah menambah kemacetan lalu lintas jalan?

“Saat ini, lalu lintas disini memang terkenal macet. Tapi, kami yakin kelak akan berkurang ketika LRT dan tol baru selesai dibangun,” kata Ronal Cassidy, direktur pemasaran Trans Park Cibubur saat berbincang dengan saya, di tempat yang sama.

LRT adalah angkutan umum kereta ringan (light rail train). Lokasi TCP diklaim hanya beberapa menit dari stasiun LRT yang membentang dari Cibubur ke Cawang, Jakarta Timur. Angkutan berbasis rel yang dibangun PT Adhi Karya Tbk itu ditargetkan rampung pada 2018. Bersamaan dengan mulai rampungnya TCP.

“Kalau mal kami rampung akhir 2018, sedangkan apartemen diserahterimakan kepada konsumen pada 2019,” kata Ronald.

Masih soal arus lalu lintas, dia buru-buru menambahkan, “Kami juga akan melebarkan jalan disamping lokasi kami menjadi lima meter,” tutur dia.

Jalan disamping area TCP adalah akses ke pemukiman. Jalan itu lebarnya tak lebih dari tiga meter di bagian mulut, namun di bagian tengah tergolong lebar. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: