Skip to content

Perhatikan Fakta Ini Agar Kita Tambah Waras Saat Berlalu Lintas

25 Februari 2017

korban-laka-dunia-2015

BANYAK fakta di sekitar jalan raya kita. Makin banyak yang kita tahu, semestinya kian sadar bahwa petaka jalan raya begitu dekat. 

Risiko berlalulintas jalan ada dua yang di depan mata. Kalau nggak nabrak, bisa ditabrak. Keduanya sama-sama tidak mengenakkannya. 

Terkait soal fakta, mari kita tengok sejenak data ini. 

Pertama, pesepeda motor menyumbang 23% korban kecelakaan lalu lintas jalan. Sebuah angka yang terbilang tinggi. Ironisnya, kecelakaan si kuda besi banyak terjadi di negara-negara berkembang yang sedang bertumbuh ekonominya. 

Kedua, korban dari pejalan kaki mencapai sekitar 22% dari total korban kecelakaan. Setiap hari, 750-an pedestrian yang tumbang akibat kecelakaan. Lebih rendah dibandingkan peseda motor yang mencapai 780-an orang per hari.

Ketiga, pesepeda kayuh menyumbang 4% terhadap korban kecelakaan. Angka itu setara dengan 130-an korban setiap hari. 

Data-data di atas saya kutip dari laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015. Saat itu, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan tercatat 1,25 juta jiwa. Mengerikan. 

WHO memasukan ketiga jenis pengguna jalan tersebut sebagai kelompok yang rentan kecelakaan. Bila digabungkan, ketiganya menyumbang sekitar 49% korban kecelakaan. Membuat bulu roma merinding.

Di Tanah Air mayoritas pemicu kecelakaan adalah faktor manusia. Aspek di dalam faktor manusia yang paling menonjol adalah lengah dan tidak tertib. Artinya, pelanggaran terhadap aturan di jalan menjadi pintu masuk terjadinya kecelakaan di jalan. Sedangkan alasan kenapa orang melanggar aturan bisa jadi karena kesadaran atau kewarasan saat berlalu lintas terusik. Akibatnya, sudah tidak lagi memakai akal sehat dan nurani, tapi lebih kepada kenekatan dan spekulasi. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: