Skip to content

Kebangetan Motor Masih Naik JPO Bila Sudah Begini

14 Februari 2017

jpo-dipatok-beton-mt-haryono-2017b

JEMBATAN penyeberangan orang (JPO) di Jakarta menjadi akses pedestrian melintas. Tak semata menyeberang jalan, tapi juga sebagai akses ke halte bus Trans Jakarta.

Bentuk JPO ada yang diberi lintasan landai dan ada yang semata berupa undakan anak tangga. Bagian yang landai bisa dilintasi peseda kayuh. Tapi, bagi sebagian yang nekat, bagian ini dilintasi pesepeda motor.

Gara-gara perilaku seperti itu JPO diplesetkan jadi jembatan penyeberangan ojek. Hemmmm…

Nah, di sejumlah JPO dipasangi patok beton kokoh agar tidak dilintasi pesepeda motor. Salah satunya di kawasan Jl MT Haryono, Jakarta Timur. Persisnya di depan proyek properti Pikko Group. Maklum, jika pedestrian berebutan dengan pesepeda motor otomatis bisa runyam. Mengancam keselamatan pejalan kaki.

“Kalau udah dipatok kayak gitu, motor nggak bisa lewat,” ujar seorang warga, saat berbincang dengan saya di Jakarta, belum lama ini.

Saya jadi ingat bagaimana infrastruktur memaksa pengguna jalan menjadi disiplin. Setidaknya ada dua kasus yang saya perhatikan betul.

Pertama, trotoar Kalibata, Jakarta Selatan. Ketika masih dalam kondisi landai kerap dijarah kendaraan bermotor yang enggan antre. Kini, pengguna jalan mulai antre di kemacetan karena trotoar itu dibuat lebih tinggi sehingga kendaraan sulit melintas.

Kedua, jalan raya Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sebelum celah median jalan ditutup, banyak pesepeda motor yang melawan arah ketika terjadi kemacetan. Kini, pesepeda motor tak kuasa melawan arah karena tak ada celah.

Jadi, perilaku disiplin pengguna jalan bisa terjadi salah satunya dipaksa dengan infrastruktur jalan. Setuju? (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 14 Februari 2017 00:51

    Koq masih bisa-bisa nya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: