Skip to content

Ini Tiga Fakta Terkait Helm yang Kerap Terabaikan

9 Februari 2017

fakta-helm-who

ADA rahasia tersembunyi dalam kekuatan helm sehingga ada saja yang menyepelekan pelindung kepala itu. Mau tahu?

Ternyata ada tiga fakta terkait helm yang kerap diabaikan sehingga seperti ditulis di atas, ada saja pesepeda motor yang enggan memakainya. Begini faktanya.

Fakta pertama, berkisar 80-90% pesepeda motor yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan dipicu luka di kepala dan leher. Fakta itu dibeberkan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Hal itu perlu dibeberkan mengingat setiap hari kecelakaan di dunia rerata merenggut 4.400-an pesepeda motor.

Fakta kedua, helm mengurangi risiko kematian hingga 40%. Tentu saja bila helm yang dipakai sesuai dengan ukuran kepala dan dipakai dengan benar. Serta, kualitas helm yang dipakai mumpuni. Jangan lupa, pesepeda motor menempati peringkat teratas sebagai korban kecelakaan di dunia.

Fakta ketiga, helm mereduksi potensi risiko cedera serius lebih dari 70%. Artinya, helm melindungi kemungkinan pemakainya terluka akibat benturan. Jangan lupa benturan di kepala bisa mematikan, termasuk membuat gegar otak.

Di sisi lain ada fakta yang juga semestinya menjadi perhatian kita. Fakta ini terkandung di dalam Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pertama, Indonesia mewajibkan pengendara dan penumpang sepeda motor memakai helm.

Kedua, helm yang dipakai harus sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI). Aturan ini mengenal dua jenis helm, yaitu helm yang melindungi seluruh kepala (full face). Lalu, helm separuh wajah (open face).

Ketiga, sanksi pelanggaran aturan pemakaian helm bisa dipidana penjara maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu. Sanksi ini lebih rendah dibandingkan undang undang sebelumnya yang dendanya Rp 1 juta. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: