Skip to content

Cara Duduk Mbah yang Menghebohkan

7 Februari 2017

duduk-unik-di-motor-korlantas01

BANYAK hal unik di jalan raya. Entah itu perilaku pesepeda motor maupun pengendara mobil. Walau, kadang polah unik itu ada yang nyerempet-nyerempet bahaya.

Nah, salah satu hal unik itu saya temui di akun media sosial milik Korlantas Polri. Bagaimana tidak, dalam tayangan video itu sang penumpang sepeda motor tidak duduk seperti lazimnya pesepeda motor. justeru, dia duduk menghadap belakang, bahkan sambil bersila.

“Dengan dalih kalau bonceng hadap kedepan akan mual dan terkena masuk angin, mbah ini ketika membonceng menghadap ke belakang dan tidak mengenakan helm,” tulis akun instagram korlantas, Senin, 6 Februari 2017.

Dalam tayangan video yang diunggah akun itu terlihat pria penumpang tampak sesekali tersenyum sumringah. Tampaknya, pria yang disebut mbah oleh akun itu tahu sedang direkam. Peristiwa langka ini terjadi di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah.

Adegan duduk menghadap ke belakang seraya bersila tampaknya membuat gemas akun tersebut. Dalam kalimat paparannya disebutkan bahwa perlu adanya penindakan mengingat aksi itu membuka celah yang membahayakan bagi lalu lintas jalan. Apalagi, sang mbah tidak mengenakan helm pelindung kepala.

Bagi saya, persoalan menjadi serius manakala tidak mengenakan helm saat berkendara dengan sepeda motor. Soal aksi duduk menghadap kebelakang, saya belum tahu pasal untuk penindakan yang berwujud tilang. Namun, jika penindakannya berupa teguran masih tergolong masuk akal.

Sejujurnya, saya termasuk yang sepakat bahwa berboncengan di sepeda motor juga harus memprioritaskan keselamatan jalan. Terkait hal ini pilihan jatuh pada cara berboncengan yang searah. Maksudnya, pandangan dan tubuh pengendara maupun penumpang sama-sama kedepan. Bahkan, keduanya mesti “menyatu”.

Faedah posisi “menyatu” guna meminimalisasi peluang terlontarnya sang penumpang ketija terjadi benturan. Di sisi lain, tentu saja untuk memudahkan keseimbangan sang pengendara dalam mengendalikan si kuda besi. Termasuk perlu diperhatikan bahwa penumpang tidak melakukan pergerakan melawan arah tubuh pengendara. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: