Skip to content

Tugu Motor Ringsek sebagai Pengingat

30 Januari 2017

tugu-energizer-motor-laka2

BANYAK tugu atau monumen heroik di negara kita. Kehadirannya diharapkan menjadi kenangan sekaligus motivasi untuk terus berjuang mengingat negeri ini dibangun lewat perjuangan yang luar biasa.

Tugu-tugu simbol perlawanan kepada penjajah dapat dengan mudah dijumpai di sejumlah kota di Tanah Air. Termasuk tentu saja di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Perjuangan butuh motivasi. Begitu juga ketika kita melawan serbuan petaka di jalan raya bernama kecelakaan lalu lintas jalan. Kepolisian mencatat bahwa dalam 20 tahun terakhir sedikitnya 400 ribu jiwa melayang akibat kecelakaan dan lebih dari satu juta orang terluka dan cacat seumur hidup.

Kita bisa memangkas fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. Tentu melalui upaya yang sistematis dan didukung sinergi semua para pemangku kepentingan keselamatan jalan, salah satunya, dunia usaha.

“Manajemen kami amat mendukung upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat, termasuk membuat tugu ini,” tutur bro Malik, salah satu karyawan produsen batere PT Energizer Indonesia, saat berbincang dengan saya, di Cimanggis, Sabtu, 28 Januari 2017 pagi.

Loh, tugu apa?

Ternyata, di area parkir sepeda motor yang terletak di bagian depan area pabrik kini terdapat sebuah tugu sepeda motor yang ringsek. Tugu yang diharapkan memberi motivasi yang melihatnya agar tidak mengabaikan keselamatan jalan ketika berlalu lintas jalan.

Tugu itu dilengkapi dengan sebuah kalimat yang berbunyi ‘ Ini tidak akan terjadi, bila selalu ingat safety.’ Bisa jadi maksudnya adalah saat berkendara menerapkan kaidah-kaidah keselamatan berlalu lintas jalan termasuk safety riding bagi pesepeda motor dan road safety secara umum.

Di samping tugu juga terpampang sebuah papan pengumuman yang terkait keselamatan jalan. Papan yang memuat tata tertib itu dengan rinci menguraikan kewajiban para pengendara di lingkungan pabrik tersebut. Tata tertib dibagi dua, yakni untuk pengendara sepeda motornya dan untuk sepeda motornya.

Untuk pesepeda motor misalnya ditegaskan untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM). Selain itu, memakai alat perlindungan diri ketika berkendara seperti helm dan sepatu. Sedangkan terkait motornya, antara lain, harus ada surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan memiliki kaca spion lengkap kanan dan kiri.

energizer-lampu-safety1

“Kami memberlakukan aturan kalau tidak memenuhi aturan yang ada, karyawan tidak boleh masuk ke lingkungan pabrik,” tambah bro Malik.

Kesemua itu adalah fitur untuk meningkatkan kesadaran berkendara yang aman dan selamat ketika berlalu lintas jalan. Pabrik yang kini memiliki sekitar 300 pekerja itu ingin produktifitas tidak menurun lantaran kecelakaan di jalan, selain akibat kecelakaan kerja. Karena itu, fitur keselamatan dibuat amat variatif dan lengkap, termasuk membangun sistem manajemen keselamatan pabrik.

“Kami punya tim yang terkait keselamatan kerja di lingkungan pabrik maupun keselamatan berlalu lintas jalan,” papar dia.

Saya sempat melihat bagaimana salah satu fitur penting adalah sistem pencatatan, peringatan, dan upaya sosialisasi soal pentingnya keselamatan jalan.

Pabrik ini bahkan punya fitur lampu safety. Ada tiga jenis lampu, yakni merah, kuning, dan hijau. Warna merah akan menyala selama satu bulan sejak kecelakaan. Lampu ini diberi nama ‘on the job’, yakni yang menandakan kecelakaan saat bekerja di pabrik.

Warna kuning adalah symbol untuk kecelakaan di luar lingkungan pabrik, termasuk kecelakaan lalu lintas yang terkait pekerja pabrik itu. Warna kuning yang disebut ‘off the job’ akan menyala satu minggu sejak terjadinya kecelakaan.

Terakhir, lampu berwarna hijau yang dinamai ‘nearmiss/clinical’. Lampu ini juga menyala selama satu minggu.

Dampak dari kesemua fitur yang diterapkan pabrik itu, kata bro Malik, membuat tingkat kecelakaan menjadi sangat rendah. Bahkan, kata dia, nyaris tidak ada. “Kami juga selalu mengevaluasi tingkat kecelakaan yang terjadi sebagai pijakan untuk lebih baik lagi kedepannya,” kata dia. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: