Skip to content

Gandakan Kewaspadaan di Galian-galian Ini

26 Januari 2017

gatsu-trotoar-gali-2017c

PROSES penggalian tanah di trotoar Jakarta terus bergulir. Para pejalan kaki, tentu juga para pengendara khususnya pesepeda motor, mesti menggandakan kewaspadaan. Salah-salah bisa tergelincir, apalagi kini musim penghujan.

Setidaknya dua titik yang sedang menggulirkan pekerjaan penggalian tanah di area trotoar jalan Jakarta. Titik itu adalah di kawasan Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan Mega Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Di kawasan Jl Gatot Subroto, persisinya di depan Hotel Kartika Chandra hingga Menara Centennial, para pekerja sibuk menggali tanah untuk keperluan pipa air minum. Saat saya melintas di kawasan itu, Sabtu, 22 Januari 2017, tampak sejumlah pekerja sedang sibuk memasang pipa. Para pekerja yang memakai rompi warna oranye itu sibuk memasang pipa ukuran besar berwarna hitam.

Sementara itu, di kawasan Mega Kuningan Timur, para pekerja sibuk menanam kabel berwarna merah. Kabel-kabel itu bagian dari proyek pembangunan listrik 35 ribu mega watt yang digulirkan pemerintah. Ngomongin soal listrik, pemerintah menargetkan pada 2024, seluruh wilayah Indonesia sudah mendapat aliran listrik.

Balik lagi soal kewaspadaan. Kita para pejalan kaki mesti ekstra waspada mengingat saat penggalian tanah, praktis trotoar tidak dapat dilintasi. Pilihannya, pedestrian berjalan di badan jalan. Ketika itulah kewaspadaan digandakan mengingat kawasan Jl Gatot Subroto merupakan salah satu titik tersibut di Jakarta. Maklum, di situ merupakan kawasan bisnis.

Kewaspadaan saat melintas di badan jalan menjadi penting. Setidaknya para pedestrian melihat kondisi arus kendaraan. Setelah memastikan kondisinya aman, beri isyarat saat melintas di badan jalan bahwa ada orang yang berjalan kaki. Salah satu caranya dengan memberi isyarat tangan. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: