Skip to content

Nabrak Pejalan Kaki Didenda Rp 1 Juta

12 Januari 2017

pedestrian-nyeberang-jalan

PEDESTRIAN alias pejalan kaki termasuk pengguna jalan yang rentan menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir bahwa 22% korban kecelakaan di dunia adalah pedestrian. Angka itu setara dengan setiap hari 750-an pejalan kaki sebagai korban kecelakaan.

Kondisi serupa juga mewarnai jalan-jalan raya di Tanah Air. Setiap hari, belasan pedestrian menjadi korban kecelakaan. Walau, bukan tidak mungkin pedestrian juga berkontribusi atas terjadinya kecelakaan itu.

Sebut saja misalnya kasus yang menimpa Radiantmi, bukan nama sebenarnya ini. Kecelakaan yang dideritanya terjadi saat dia sedang berkerumun di pinggir jalan dengan sesama temannya. Malam itu saat bersamaan melintas sebuah mobil. Sekalipun melaju perlahan karena ada kerumuman orang, tetap saja terjadi kecelakaan.

“Mobil melintas tanpa memberi isyarat klakson,” papar seorang saksi.

Radiantmi menderita luka-luka atas kecelakaan tersebut. Sang pengemudi, kita sebut saja Falen, sekalipun sudah meminta maaf dan belakangan berdamai, harus menjadi pesakitan di pengadilan.

Setelah melewati sejumlah persidangan, Falen yang semula dituntut denda Rp 1,5 juta akhirnya divonis denda Rp 1 juta. Falen dibidik dengan Pasal 310 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009
tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pengalaman menjadi guru yang jujur dan amat berharga bagi kita semua. Kejadian yang menimpa Falen mengajarkan kepada kita bahwa kecelakaan berdampak luas. Di sisi lain, pembelajaran yang berharga lainnya adalah bagaimana kita para pengendara patut memberi prioritas kepada pedestrian. Memberi isyarat klakson menjadi salah satu upaya untuk menghindari terjadinya tabrakan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: