Skip to content

Catat Nih, Jam-jam Rawan Kecelakaan 2016

8 Januari 2017

tol-jagorawi-macet-2016a

SUDAH tahu kapan jam-jam rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan? Apakah pagi, siang, sore, malam atau dinihari?

Mari kita lihat data milik Korps Lalu Lintas (Korlantas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) selama rentang tiga tahun terakhir.

Oh ya, data yang kita lihat adalah rentang 2014 hingga 2016. Dalam rentang waktu itu terjadi hampir 300 ribu kecelakaan di Tanah Air. Namun, khusus untuk 2016, setidaknya terjadi 105 ribu kecelakaan atau setara dengan 288 kecelakaan per hari.

Ini dia jam-jam rawan terjadinya kecelakaan.

1). Rentang waktu 06.00-12.00
Pada 2016, rentang waktu paling rawan terjadinya kecelakaan adalah pukul 06.00-12.00. Area waktu ini menyumbang 33,63% dari total kecelakaan yang terjadi di Indonesia. Angka itu setara dengan sedikitnya 96 kecelakaan per hari.

Bila melihat tiga tahun terakhir, terjadi pergeseran. Tahun 2014, area waktu paling rawan ada di rentang 12.00-18.00.

Oh ya, dalam tiga tahun terakhir, rentang waktu 06.00-12.00 melonjak 22,57%. Kenapa?

Nah, kalau ini bukan data dari Korlantas Mabes Polri, melainkan asumsi saya sendiri. Boleh jadi yang membuat tingginya kecelakaan di rentang 06.00-12.00 disebabkan oleh tiga faktor ini;

pasar-kr-jati-lalin-2016d
Pertama, tingginya pergerakan kendaraan bermotor. Rentang waktu pagi hari merupakan awal aktifitas mayoritas masyarakat kita. Entah itu untuk mencari nafkah, menuntut ilmu hingga aktifitas lainnya.

Kedua, tergesa-gesa. Ketakutan terlambat tiba di kantor atau di tempat tujuan lainnya, bisa jadi membuat konsentrasi pengendara menjadi terganggu. Buntutnya, bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Ketiga, emosi akibat macet. Kemacetan pada pagi hari amat menggila di sejumlah kota besar. Lama terjebak macet membuat emosi meluap-luap. Belum lagi membuat tubuh jadi lelah dan berkendara pun menjadi lengah. Ujungnya bisa memicu terjadi kecelakaan di jalan.

Keempat, ngantuk dan belum sarapan. Bukan mustahil kurang tidur dan belum sarapan membuat konsentrasi pengendara buyar. Terjebak di dalam kemacetan melengkapi dua aspek tadi yang merongrong konsentrasi sang pengendara.
lamer-mampang-macet-2016a

2). Rentang waktu 12.00 – 18.00
Area waktu paling rawan kedua adalah rentang pukul 12.00-18.00. kontribusi rentang waktu ini 32,60% pada 2016. Angka itu setara dengan 93 kecelakaan per hari.

Dalam periode tiga tahun terakhir, rentang waktu ini mencatat peningkatan kasus sebesar 10,71%.

Sore hari memiliki karakter hampir sama dengan pagi, yakni volume kendaraan bermotor sedang dalam puncaknya. Boleh jadi juga ada aspek tergesa-gesa karena ingin segera tiba di rumah sehingga pengendara menjadi lengah.

3). Rentang waktu 18.00-24.00
Rentang waktu rawan kecelakaan ketiga adalah pukul 18.00-24.00. Kontribusi area waktu ini sebanyak 22,03% pada 2016. Artinya, rata-rata terjadi 63 kecelakaan per hari di rentang waktu itu.

Bila dua rentang waktu sebelumnya mencatat peningkatan kasus kecelakaan, rentang waktu ini justeru sebaliknya. Rentang waktu ini mencatat penurunan hampir 1% bila dibandingkan dengan 2014 yang mencatat kontribusi sekitar 24,12%.

4). Rentang waktu 00.00-06.00
Rentang waktu pukul 00.00-06.00 menjadi area paling buncit dengan kontribusi sebanyak 11,74%. Pada 2016, setiap hari rata-rata terjadi 33 kecelakaan pada tengah malam hingga pagi hari.

Area waktu ini mencatat penurunan 10,30% kasus kecelakaan dalam tiga tahun terakhir. Maklum, pada 2014, area waktu ini masih berkontribusi 14,19%.

Entah karena makin berkurang mereka yang bepergian pada tengah malam hingga pagi, atau pengendara kian sadar akan keselamatan jalan. Maksudnya, rentang waktu ini bukan mustahil kondisi pengendara sedang dalam serangan kantuk. Ketika jumlah penglajunya berkurang, boleh jadi kasus kecelakaannya juga ikut menyusut. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s