Skip to content

2016, Setiap Hari 71 Orang Tewas Akibat Kecelakaan

6 Januari 2017

bus-terbalik-di-sulsel1

KECELAKAAN lalu lintas jalan masih mewarnai jalan raya kita. Coba saja tengok sekeliling. Atau, lihat berita yang menghiasi media massa. Hampir tiap hari ada saja kecelakaan di jalan.

Tahun 2016, kita disodori banyak kasus mengenaskan. Kecelakaan paling maut tercatat menimpa truk bak terbuka yang mengangkut 41 orang. Truk menabrak pohon lalu terguling dan masuk jurang. Sebanyak 16 orang meninggal dunia dan lainnya menderita luka-luka.

Kecelakaan maut itu terjadi di ruas jalan desa di Batang, Jawa Tengah, Senin, 5 September 2016 sekitar pukul 17.40 WIB. Kondisi jalan yang menurun tajam membuat mobil oleng hingga akhirnya terguling. Para korban semula berencana mengikuti takziyah ke Dusun Sawet, Desa Amingronggo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Sedangkan sang pengemudi, Samaan (35) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Setidaknya dalam catatan saya ada 14 kecelakaan paling maut sepanjang 2016. kasus di Batang itu merupakan menempati posisi teratas dari sisi jumlah korban meninggal dunia.

Data Korlantas Mabes Polri menyebutkan bahwa sepanjang 2016 terjadi peningkatan kasus kecelakaan sekitar 6,47% dibandingkan setahun sebelumnya. Tahun lalu, setiap hari terjadi sekitar 288 kasus kecelakaan lalu lintas jalan.

Buntut dari kecelakaan tadi merenggut rerata 71 korban jiwa per hari. Berbeda dengan jumlah kasusnya, jumlah korban yang meninggal dunia turun tipis sekitar 2,4% jika dibandingkan dengan tahun 2015.

Di sisi lain, dari sisi korban luka berat tercatat rerata 63 orang per hari. Sedangkan korban luka ringan 331 orang per hari. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 6 Januari 2017 05:14

    Wah 394 orang perhari (luka berat dan ringan), angka yang besar. Apakah penyebab sebagian besar kecelakaan tersebut karena etika berkendara yang kurang baik? atau faktor lain mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: