Skip to content

14 Tabrakan Maut di Indonesia Tahun 2016

29 Desember 2016

laka-bus-parahyangan_viva

TAHUN 2016 masih diwarnai puluhan ribu kecelakaan lalu lintas jalan. Ribuan anak negeri meregang nyawa di jalan raya. Belum lagi mereka yang menderita luka-luka.

Faktor manusia menjadi mayoritas pemicu terjadinya kecelakaan di Tanah Air. Hal ini patut menjadi perhatian kita semua para pengguna jalan.

Dari banyaknya kecelakaan tersebut setidaknya tercatat 13 kecelakaan mengenaskan atau tabrakan maut. Selain merenggut banyak korban jiwa, kecelakaan-kecelakaan itu juga membuat bulu kuduk. Di bagian lain, sejumlah pengemudi yang memicu kecelakaan ditetapkan sebagai tersangka. Artinya, sang pengemudi tadi memikul lagi beban berat dampak dari kecelakaan.

Berikut ini kecelakaan maut yang terjadi sepanjang 2016.

1). Kecelakaan Maut Fortuner Jakarta, 8 Februari 2016
Pada 2016, Jakarta sempat dikejutkan oleh kecelakaan maut antara mobil sport utility vehicle (SUV) Toyota Fortuner dengan sepeda motor. Kejadian pada Senin, 8 Februari 2016 pagi itu menewaskan empat orang. Dua dari sepeda motor, yakni pasangan suami isteri yang ditabrak dan dua orang dari penumpang Fortuner. Sang pengemudi, Ricky ditetapkan sebagai tersangka.
Kepolisian menyebutkan bahwa pengemudi Fortuner B-210-RFD usai menikmati hiburan malam sebelum menabrak sepeda motor Yamaha Mio B-4068-BFI di kawasan Jl Daan Mogot, Jakarta Barat. Setelah menabrak motor, mobil menabrak tiang rambu lalu lintas dan terguling.

2). Kecelakaan Minibus Maut Bojonegoro, 6 Maret 2016
Minibus menabrak minibus dari arah berlawanan di jalan raya Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu, 6 Maret 2016 malam. Kejadian memilukan itu merenggut enam korban meninggal dunia dan belasan lainnya menderita luka.
Kepolisian mengatakan, Isuzu Elf K 1038 HN yang dikemudikan Woyo Nariyo tiba-tiba oleng dan menabrak minibus lainnya yang datang dari arah berlawanan. Saat kejadian, minibus Elf mengangkut 16 penumpang dan sempat terguling-guling.

3). Kecelakaan Truk Maut Purwakarta, 25 April 2016
Sejumlah orang menjadi korban kecelakaan truk maut di Jalan Raya Cianting, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat, Senin, 25 April 2016 dini hari. Truk menabrak minibus, truk boks diesel, dan bus angkutan karyawan yang sedang  parkir di pinggir jalan. Kecelakaan itu berakhir ketika truk menabrak rumah dan satu warung.
Tabrakan maut itu merenggut empat korban jiwa dan lima korban luka-luka. Mereka terdiri atas dua penumpang truk dan dua  penghuni rumah yang salah satunya balita. Saat kejadian, truk melaju dari arah Bandung menuju Jakarta.

4). Kecelakaan Bus Cimahi, 8 Juli 2016
Bus yang mengangkut wisatawan menabrak dua mobil dan dua sepeda motor di Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat, 8 Juli 2016 sekitar pukul 15.30 WIB. Kantor berita milik pemerintah, Antara menyebutkan bahwa kecelakaan itu menyebabkan sembilan orang meninggal dunia. Tujuh orang meninggal dunia di lokasi kejadian dan dua orang di Rumah Sakit Cibabat. “Sopir bus juga meninggal dunia,” tulis Antara.
Kecelakaan maut ini diduga lantaran kondisi rem bus yang blong. Sedangkan penumpang bus adalah 50 orang yang hendak pulang ke Karawang, Jawa Barat setelah menikmati liburan di tempat wisata Curug Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jalan di lokasi kejadian kondisinya menurun. 
 
5). Kecelakaan Bus Maut, Alas Roban, 16 Juli 2016
Kawasan Alas Roban, Batang, Jawa Tengah menjadi saksi bisu kecelakaan maut bus dan truk pada Sabtu, 16 Juli 2016 malam. Bus Kramat Jati tujuan Jakarta berangkat dari Purwodadi, Sabtu sore. Namun, bus nahas itu menabrak truk tanki W 9233 UN bermuatan amoniak yang saat kejadian hendak berbelok ke rumah makan.
Sontak, tabrakan pun menimbulkan kemacetan panjang. Buntut dari tabrakan maut itu enam orang meninggal dunia dan 40-an lainnya menderita luka-luka. Dari keseluruhan korban luka, sebanyak 15 orang dirawat.
 
6). Kecelakaan Maut Angkot Tangerang Selatan, 22 Juli 2016
Angkutan kota (angkot) menabrak truk setelah menghindari tabrakan dengan sepeda motor yang hendak berputar arah. Akibat kecelakaan itu lima orang meninggal dunia dan dua penumpang angkot terluka. Satu dari korban itu adalah sopir truk yang saat kejadian sedang menurunkan barang bawaannya.
Tabrakan maut itu terjadi di depan Mal WTC Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 22 Juli 2016 dinihari. Saat kejadian angkot melaju dalam kecepatan tinggi.

mobil-ringsek-jkt
 
7). Kecelakaan Truk Maut Cianjur,  30 Juli 2016
Truk tanpa muatan memicu terjadinya kecelakaan maut di Kampung Bangbayan, Desa Bangbayan, Kecamatan Gebrong, Kabupaten Cianjur, Sabtu 30 Juli 2016 sekitar pukul 09.00 WIB. Truk bernopol B 9479 GDA yang dikemudikan Asep Suhandi (35) itu mengalami rem blong. Saat kejadian truk melaju dari arah Sukabumi menuju Cianjur.
Truk yang lepas kendali itu menabrak kendaraan dari arah berlawanan, yakni angkot nopol F 2989 YY dan empat sepeda motor. Selain itu, menabrak dua penyeberang jalan dan sejumlah bangunan sebelum akhirnya berhenti.
Kepolisian mencatat 10 korban tewas dan delapan orang luka-luka akibat kecelakaan maut tersebut.
 
8). Kecelakaan Maut Mobil Batubara, 10 Agustus 2016
Kecelakaan maut mobil multiple purpose vehicle (MPV) Toyota Avanza menabrak bus Koperasi Usaha Pinggir Jalan (KUPJ) terjadi di Desa Kwala Gunung, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Peristiwa yang merenggut enam korban jiwa itu terjadi pada Rabu, 10 Agustus 2016. Selain korban meninggal, tabrakan ini menyebabkan enam orang luka berat dan sembilan lainnya luka ringan.
Kepolisian setempat mengatakan, kejadian bermula ketika mobil Avanza BK 1718 ZK yang mengangkut 9 orang melaju tidak stabil. Lalu, mobil itu terlalu ke kanan sehingga tabrakan dengan bus yang datang dari arah berlawanan.

9). Kecelakaan Truk Maut Batang, 26 Agustus 2016
Truk trailer Siba Surya bermuatan semen H1960 BS menabrak truk, mobil, dan sepeda motor di kawasan jalur pantura Desa Sengon, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat, 26 Agustus 2016 siang. Kecelakaana maut itu merenggut empat korban jiwa, yakni dua penumpang Toyota Avanza dan dua pengendara sepeda motor.
Kepolisian setempat menyatakan bahwa truk trailer itu mencoba menghindar dari truk yang melawan arah, namun tetap saja terjadi serempetan. Namun, mengingat kondisi jalan menurun, truk masih terus melaju sehingga menabrak kendaraan lain di depannya, yakni truk, mobil, dan sepeda motor.

10). Kecelakaan Bus Maut Riau, 4 September 2016
Bus BK 7848 LB menabrak truk yang sedang parkir terjadi di Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil, Riau, Minggu, 4 September 2016. saat kejadian, bus yang menabrak truk sedang salip-salipan dengan dua bus lainnya. Namun, dua bus lain dapat menghindar truk yang sedang parkir, sedangkan satu bus justeru menabrak bagian depan truk yang terparkir di kanan jalan.
Akibat kecelakaan tersebut empat orang meninggal dunia, satu di antaranya korban dari truk karet yang ditabrak bus. Selain itu, sejumlah orang lainnya menderita luk-luka.

11). Kecelakaan Truk Maut Batang, 5 September 2016
Truk bak terbuka yang mengangkut 41 orang menabrak pohon lalu terguling dan masuk jurang. Sebanyak 16 orang meninggal dunia dan lainnya menderita luka-luka.
Kecelakaan maut itu terjadi di ruas jalan desa di Batang, Jawa Tengah, Senin, 5 September 2016 sekitar pukul 17.40 WIB. Kondisi jalan yang menurun tajam membuat mobil oleng hingga akhirnya terguling.
Para korban semula berencana mengikuti takziyah ke Dusun Sawet, Desa Amingronggo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Sedangkan sang pengemudi, Samaan (35) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.
 
12). Kecelakaan Truk Maut Manggarai Barat, 14 September 2016
Kecelakaan maut antara truk dan sepeda motor terjadi di atas jembatan Kampung Dalong Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 14 September 2016 malam. Truk bernopol EB 2089 G menabrak dua sepeda motor bernopol DR 2089 dan DH 1456 MG yang datang dari arah berlawanan.
Lima orang tewas akibat tabrakan maut tersebut. Mereka adalah pengendara dan penumpang sepeda motor, satu dari korban bahkan terpental hingga ke sungai. Sang sopir truk Onsu Manale menyerahkan diri ke kantor kepolisian.

13). Kecelakaan Bus Labuhanbatu, 15 Oktober 2016
Kecelakaan maut merenggut empat korban jiwa  di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), KM 379-280, di Dusun Afdeling IV Sei Kebara Desa Torgamba Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sabtu 15 Oktober 2016 malam. Selain itu, menyebabkan delapan korban luka berat dan 11 luka ringan.
Peristiwa itu melibatkan bus umum Bintang Utara BK 7477 DG, mobil pribadi Toyota Rush BM 1584 MD, dan bus umum Medan Jaya BK 7406 DK.
Pihak kepolisian menyebutkan, sopir bus Bus Bintang Utara berusaha menyalip dan mendahului Toyota Rush. Di jalan yang menikung itu tiba-tiba dari arah berlawanan muncul Bus Medan Jaya sehingga terjadi tabrakan. Setelah kejadian, sang sopir itu melarikan diri.

14). Kecelakaan Bus Maut Pemalang, 17 Desember 2016
Sebuah bus, yakni PO Handoyo mengalami kecelakaan di Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Sabtu, 17 Desember 2016, pukul 23.15 WIB. Bus lepas kendali di jalan yang menikung dan turunan. Bus menabrak pembatas jalan, lalu terguling dan masuk ke sawah.
Akibat kecelakaan tunggal itu delapan orang meninggal dunia dan belasan orang lainnya menderita luka-luka.
Saat kejadian, bus AA 1409 EA rute Yogyakarta-Jakarta itu sedang melaju dari arah Purbalingga menuju Pemalang. Kepolisian menetapkan sang sopir bus, Agus Suyanto sebagai tersangka. (edo rusyanto)

foto: vivanews dan dok.pribadi

One Comment leave one →
  1. 2 Januari 2017 09:58

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: