Skip to content

Begini Komentar Menhub Soal Om Telolet Om

23 Desember 2016

bus-akap-2016

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya pun angkat bicara soal fenomena klakson bus yang kondang dengan jargon ‘om telolet om’. Dia mengaku, tidak melarang aktifitas itu.

“Saya bukan melarang, Saya pribadi juga senang musik dan juga senang nada klakson telolet. Yang saya himbau itu jangan di jalan raya karena itu bahaya, tapi kalau di tempat lain boleh, misalnya di terminal bus, jadi tempatnya harus benar, kalo (bus) pada saat diparkir itu bagus sekali,” jelas Menhub, dalam publikasinya di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2016.

Menhub Budi juga mengatakan bahwa fenomena “bus telolet” merupakan kreativitas dan bisa menjadi daya tarik masyarakat menyenangi kembali bus angkutan umum. “Untuk lebih mendorong daya tarik tersebut, nantinya akan dibuat suatu kontes sehingga dapat menghibur masyarakat,” kata dia.

Fenomena om telolet om mencuat bahkan mendunia pada penghujung Desember 2016 ini. Padahal, aktifitas ini pernah saya dengar sejak tiga tahun belakangan. Sepengetahuan saya aktifitas ini banyak dilakukan oleh anak-anak remaja yang meminta sopir bus membunyikan klakson, lalu mereka merekamnya dengan ponsel. Irama klakson yang bervariasi menjadi hiburan tersendiri.

Ironisnya, aktifitas itu juga bukan mustahil memicu kecelakaan lalu lintas jalan bila dilakukan gegabah. Saat mengejar atau mencegat bus agar sang pengemudi membunyikan klakson, anak-anak yang lengah bisa tertabrak, bahkan oleh kendaraan lain yang lalu lalang di jalan.

Oh ya, aturan soal bunyi klakson kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan. Dalam pasal 69 aturan itu disebutkan bahwa kekuatan klakson paling rendah adalah 83 desibel (dB) dan paling tinggi 118 desibel (dB). Bagaimana dengan klakson telolet yang nyaring bunyinya?

Saya belum tahu sih. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: