Skip to content

Ibu, Garda Terdepan Road Safety di Rumah

22 Desember 2016

anak-di-depan-motor3

IBU menjadi pilar penting bagi keluarga. Lewat sentuhan cinta kasihnya transformasi nilai-nilai luhur mengalir ke anggota keluarga.

Salah satu nilai itu adalah perilaku berlalu lintas jalan yang memprioritaskan keselamatan jalan (road safety). Ibu menjadi peletak dasar keselamatan sebagai prioritas saat berlalu lintas.

Keluarga, terutama anak-anak menjadikan sosok ibu sebagai pengajar pertama dalam kehidupan. Saat sang anak baru belajar bicara, bahkan belajar berjalan, sentuhan ibulah yang paling dominan.

Ibu pula yang dapat mempengaruhi pertumbuhan watak sang anak. Di bagian lain, tentu saja, ibu yang sekaligus isteri dari ayah sang anak, dapat mempengaruhi sang suami.

Saat pengaruh itu berupa ajakan untuk selamat kembali ke rumah, sang suami akan berjuang semaksimal mungkin untuk memenuhinya. Harmonisnya keluarga direkatkan oleh sentuhan cinta kasih isteri sekaligus ibu bagi anak-anak di dalam keluarga tersebut. Inilah fakta bagaimana kekuatan ibu di dalam keluarga demikian dahsyat. Ibu menjadi garda terdepan road safety di keluarga.

Perilaku ibu ditiru oleh anak-anaknya. Ketika sang ibu bersepeda motor tanpa memakai helm dan mengendarai motor lebih dari dua orang, bukan mustahil kelak akan ditiru oleh sang anak.

Kita tahu bahwa anak-anak, terutama mereka yang masih di bawah umur merekam dan meniru. Dia merekam apa yang dilihat dan dirasakan di rumah, lalu bukan mustahil menirunya pada kesehariannya kelak. Disini, para ibu dituntut memiliki pengetahuan yang baik seputar keselamatan berlalu lintas jalan.

Selamat Hari Ibu. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: