Skip to content

Ojek Online Ditegur Saat Ikuti Kemauan Konsumen

9 Desember 2016

motor-helm1

REALITAS ojek sepesa motor tak terelakkan. Bahkan, saat hadir penggunaan aplikasi, ojek pun meruyak. 

Kisah dalam tulisan ini berangkat dari pengalaman seorang pengojek berbasis aplikasi. Kejadiannya begini. 

Suatu ketika, Damyiandy, kita sapa saja begitu, dapat orderan mengantar konsumen. Tentu saja dirinya sumringah. Orderan berarti rezeki. 

Jadilah dia mengantar ke tujuan sang konsumen. Di tengah jalan, kata dia, konsumennya meminta buru-buru karena mengejar waktu. Damyiandy pun menambah kecepatan. 

Akhirnya semua beres. Konsumen tiba di tujuan. Uang pun dikantongi Damyiandy. 

“Saya dapat komentar di aplikasi dari penumpang, kata dia, ojeknya bagus, ngebut,” sergah pria muda itu saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini. 

Buntut dari komentar itu, tutur Damyiandy, dirinya diharuskan mengikuti pelatihan bersepeda motor yang aman dan selamat (safety riding). Jadilah dia mengikuti pelatihan di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. “Hampir seharian pelatihannya, dari pagi sampai sore, kami dapat makan siang juga,” kata dia. 

Dia mengaku, hal serupa juga dialami rekannya sesama ojek berbasis aplikasi. “Malah ada yang sampai tiga kali,” selorohnya. 

Fakta opini itu membuat saya menjadi ngeh akan pernyataan seorang kolega. Dia adalah instruktur Rifat Drive Labs (RDL). “Sekarang kalau ada yang dapat komentar negatif dari penumpang, terutama terkait safety riding, akan disuruh ikut pelatihan,” kata dia, saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini. 

Dia menambahkan, pelatihan itu penting agar sang pengemudi berkendara lebih aman dan selamat. Jika itu terwujud konsumen pun menjadi lebih nyaman. “Apalagi latat belakang pengemudi berbeda-beda, begitu juga pengetahuannya soal safety riding,” ujarnya. (edo rusyanto) 

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: