Skip to content

Nonton Film Sambil Donasi PMI Rp 2.000

21 November 2016

tiket-bioskop-dan-pmi4

SUASANA lobby bioskop Cibubur 21, Jakarta Timur ramai oleh pengunjung. Ada yang sedang antre, ada pula yang sedang memesan kudapan.

Sebagian lainnya ada yang menikmati permainan games elektronik yang tersedia di sisi kanan area itu. Aneka permainan dapat menjadi pilihan. Mulai dari balapan mobil hingga petualangam berperang menumpas kejahatan.

Para pengunjung siang itu beragam, ada anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Ada perempuan dan laki-laki. Mereka memilih film sesuai selera.

Saya pun ikut antre. Sabar sedikit mengingat jam tayang film yang kami tuju belum diputar. Masih ada cukup waktu sambil membeli bekal kudapan untuk menemani saat menonton.

“Saya mau beli tiket untuk film Fantastic Beast and Where to Find Them,” ujar saya, kepada perempuan muda penjaga tiket, Minggu, 20 November 2016 siang.
“Berapa tiket dan mau duduk dimana?” tanya perempuan berparas ayu itu.
“Lima tiket dan duduk di jajaran C,” kata saya.

“Oh ya pak, kami ada donasi buat PMI, Rp 2.000 per orang,” jelasnya.
Jadilah saya membayar Rp 260 ribu. Sebesar Rp 250 ribu untuk tiket menonton lima orang dan Rp 10 ribu untuk donasi Palang Merah Indonesia (PMI), juga untuk lima orang.

Dalam lembar donasi PMI tertulis kalimat Sumbangan Kemanusiaan Rp 2.000. Lalu, Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016.

“Kami sudah sekitar dua minggu membuka donasi ini di bioskop kami,” jelas perempuan tadi.

Penghimpunan donasi untuk kemanusian PMI memang banyak ragamnya. Pernah saya menjumpai hal serupa di mini market. Bedanya, donasi yang diberikan besarannya bebas. Bisa ditebak bahwa jumlah yang terkumpul bisa cukup lumayan besar mengingat luasnya sebaran lokasi ajakan berdonasi.

Sempat kepikiran jika jurus serupa dilakukan untuk penghimpunan dana kampanye keselamatan jalan (road safety). Tentu saja bila lembaga yang menghimpun mesti berbadan hukum dan memiliki program nyata serta transparan. Entah kapan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: