Skip to content

Kita Suka Bergerombol di Kolong Fly Over

19 November 2016

kolong-fly-over-kuningan-2016b

Sejak zaman batu ribuan tahun lalu, kita mengenal hidup berkelompok. Saat itu, bergerombol bagian dari bertahan hidup dari ganasnya alam, termasuk menangkis serbuan kelompok lain. Entah itu serangan dari hewan buas maupun orang dari kelompok lain.

Pada era kekinian, semangat bergerombol punya wujud dan tujuan beragam. Ada perasaan nyaman saat berhimpun dalam dalam kelompok tadi. Salah satunya, timbul keberanian yang luar biasa.

“Saya masuk busway lihat-lihat dulu. Kalau rame-rame melanggarnya kan nggak ditilang,” ujar seorang pesepeda motor, saat berbincang dengan saya di Jakarta, awak November 2016.

Dia mengaku berani melanggar aturan karena orang lain juga melanggar. Semangat kawanan begitu terang benderang. Secara bergerombol menjarah busway yang semestinya bukan untuk kendaraan pribadi.

Hal serupa bisa jadi juga melatarbelakangi kenapa pesepeda motor merangsek hingga jauh di depan zebra cross. Mereka maju beramai-ramai. Pemandangan itu kerap terjadi di perempatan Kuningan arah ke Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Persis di seberangnya, ada pos polisi.

Belasan, bahkan puluhan sepeda motor bergerombol di bawah jalan layang (fly over). Mereka mengintai, ada celah langsung tancap gas. Padahal, dari arah mereka lampu pengatur lalu lintas sedang berwarna merah.

Kenapa saat bergerombol keberanian jadi membuncah?

“Kalau saya neduh di kolong fly over supaya nggak kehujanan dan ketimpa pohon roboh,” kata pesepeda motor lainnya.

Beragam alasan mencuat. Kadang kita turut memaklumi, juga dengan banyak alasan. Itulah fakta di sekeliling kita saat ini. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: