Skip to content

Merasa Diultimatum, Akhirnya Ikut Pelatihan

14 November 2016

gojek-di-fx-jakarta3

Wajah Bufi sumringah. Dia dengan antusias menceritakan pengalaman barunya, belajar keselamatan bersepeda motor alias safety riding.

“Ternyata banyak cara naik motor yang keliru selama ini. Misal, cara memegang setang,” ujar Bufi, kita sapa saja demikian, saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Bufi adalah pengemudi Gojek, layanan ojek sepeda motor berbasis aplikasi. Ojek sepeda motor menjadi naik kelas ketika dilengkapi aplikasi. Orang berbondong-bondong mendaftar. Konon, penghasilan pun terkatrol.

Dia latihan safety riding di Pondok Cabe, pinggiran Jakarta. Ada sekitar 300 orang berprofesi sama belajar keselamatan jalan yang digelar pengelola Gojek. Tampil sebagai pelatih adalah para instruktur dari Rifat Driving Lab (RDL).
“Belajar dan latihannya dari pagi sampai sore hari,” tambah pria muda itu.

Bufi bercerita, dirinya bersama teman-teman merasa bermanfaat ikut pelatihan saat itu. Bila selama ini dia kalau mau belok tidak menoleh, kini merasa penting untuk melakukan hal itu. Tentu saja dibarengi melihat kaca spion dan menyalakan lampu sein.

“Kami juga diajarin cara ngerem yang aman dan selamat,” tutur pria beranak satu itu.

Pastinya, tambah Bufi, dirinya jadi lebih berhati-hati saat berkendara setiap hari. Ingin mencari nafkah dengan baik dan pulang dengan selamat. Saat pelatihan, para instruktur membeberkan bagaimana banyaknya kecelakaan lalu lintas jalan di Indonesia.

Jadi, ikut pelatihan karena niat sendiri?

“Awalnya saya nggak merhatiin. Tapi, waktu nerima SMS dari Gojek bahwa untuk mengaktifkan akun harus ikut pelatihan,  ya saya ikut. Takut disuspend,” seloroh Bufi.

Ya, dia merasa takut kehilangan tambahan pendapatan yang selama ini sudah dikecapnya sebagai mitra Gojek. Siapa sih yang mau kehilangan pendapatan kan? Apalagi kalau tertimpa kecelakaan, bisa raib deh sumber pendapatan. (edo rusyanto) 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: