Skip to content

Saat Polantas Menggendong Seorang Nenek

2 November 2016

polantas-seberangkan-nenek

SEBUAH foto polisi lalu lintas (polantas)  menggendong seorang nenek beredar di jejaring sosial. Dalam foto yang diunggah akun instagram Divisi Humas Polri itu terlihat sang polantas menyeberangkan sang nenek.

Polantas yang berpakaian dinas lengkap tampak menyeberang jalan di zebra cross. Nenek yang digendong memakai kain panjang dan bersandal jepit. Tangan sang nenek merangkul bahu sang polantas, sedangkan tangan aatunya lagi menggenggam sebuah tongkat.

Situasi arus lalu lintas tampak ramai. Persis di belakang sang polantas tampak becak sepeda motor (bentor). Di bagian lain tampak sejumlah mobil dan sepeda motor sedang berhenti.

Tugas polantas tentu saja menjaga keamanan dan kenyamanan lalu lintas jalan. Tindakan membantu pedestrian menyeberang jalan tentu saja menjadi salah satu perwujudan tugas tadi.

Di sisi lain, kita para pengendara juga punya kewajiban mendahulukan pedestrian. Ketika pejalan kaki hendak menyeberang jalan, para pengendara wajib memberinya prioritas. Dan, sudah menjadi kewajiban pedestrian untuk menyeberang dengan hati-hati dan waspada. Menyeberang dilokasi yang sudah disediakan seperti zebra cross atau jembatan penyeberangan orang.

Ketika tidak ada fasilitaa tadi, menyeberang jalan tidak bisa seenaknya. Paling tidak sebelum menyeberang memperhatikan kondisi sekitar. Lalu, memberi tanda akan menyeberang dengan melambaikan tangan ke arah kendaraan yang akan melintas.

Kita tahu bahwa pedestrian adalah salah satu pengguna jalan yang rentan kecelakaan. Badan Kesehatan Dunia menyebutkan, dua pengguna jalan lainnya yang cukup rentan adalah pesepeda motor dan pesepeda kayuh.

Di Indonesia, setiap hari belasan pedestrian tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Bukan mustahil ada kontribusi pedestrian itu sendiri. Misal, menyeberang jalan dengan sembrono. (edo rusyanto)

foto:akun instagram divisihumaspolri

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: