Skip to content

Ramai-ramai Perbaiki Trotoar Jakarta

27 Oktober 2016

perbaikan-trotoar-cawang-2016b

BELAKANGAN ini sejumlah titik jalan di Jakarta Timur sedang sibuk berbenah. Bongkahan aspal dan kerikil bertebaran. Antrean kendaraan pun menjadi pemandangan keseharian.

Kondisi seperti itu saya jumpai Rabu, 26 Oktober 2016 pagi. Antrean kendaraan mengekor di kawasan Jl Dewi Sartika, Jakarta Timur. Persisnya dari arah Cililitan menuju Cawang, Jakarta Timur.

Sejumlah pekerja sibuk mengebor permukaan aspal di titik itu. Sebagian lainnya menata beton cetakan untuk pembatas jalan aspal dengan trotoar. Di dekat mereka tampak tumpukan bongkahan aspal. Sedangkan sejumlah papan berwarna kuning mencolok ditempatkan untuk memberi peringatan kepada para pengguna jalan.

Saya duga pekerjaan fasilitas bagi pejalan kaki itu tidak rampung dalam Oktober 2016. Setidaknya pekerjaan masih berlangsung hingga November 2016. Artinya, para pengguna jalan yang memang sering melintas di area itu mutlak untuk menggandakan kesabaran mereka.

Di titik lain Jakarta Timur, persisnya didekat Bumi Perkemahan Cibubur, pengerjaan trotoar juga sedang digulirkan. Pembangunan agar fasilitas bagi pedestrian lebih nyaman tampaknya dilakukan sunguh-sungguh oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mengingat hal serupa juga saya lihat di titik lainnya, yakni di dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hiruk pikuk pembangunan trotoar menjadi kabar menggembirakan bagi kita para pedestrian. Kegembiraan yang nyaris sama seperti para pendukung calon gubernur dan wakil gubernur ketika mendaftarkan calon mereka ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta. Maklum, mereka akan berlomba meraih suara dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada 15 Februari 2017. Sedangkan kampanye calon gubernur dan wakil gubernur digelar mulai penghujung Oktober 2016 hingga November 2016.

Penyediaan trotoar adalah amanat Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Fasilitas itu untuk pedestrian berjalan kaki. Mereka butuh fasilitas yang aman, nyaman, dan selamat. Maklum, di Tanah Air, setidaknya belasan orang pejalan kaki tewas per hari karena kecelakaan lalu lintas jalan.

Praktis, para pemerintah daerah (pemda) maupun pemerintah pusat mutlak menyediakan trotoar yang aman, nyaman, dan selamat. Tentu saja, ramah bagi seluruh pengguna jalan, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: