Skip to content

Kisah Bus Nyenggol Motor Berpenumpang Empat Orang

25 Oktober 2016

jenazah_shutterstock1

TAK ada yang menyangka sore itu menjadi senja yang kelabu bagi Abu, kita sapa saja begitu. Mikro bus yang dikemudikannya menyenggol sepeda motor berpenumpang empat orang. Satu pengendara, plus tiga orang pembonceng.

Kecelakaan lalu lintas jalan seusai mengantar rombongan pengantin itu merenggut satu korban jiwa. Seorang lainnya menderita luka-luka.

Senja itu bus yang dikemudikan abu berpapasan dengan sepeda motor yang dikendarai Sani, kita sebut saja begitu. Sang kernet sudah memberi aba-aba kepada Abu seraya melambaikan tangan ke arah pesepeda motor. Abu tetap melaju, begitu juga dengan Sani. Senggolan pun tak terhindarkan.

Dua dari empat orang yang ada di sepeda motor pun terjatuh. Sepeda motor hanya oleng, namun tidak tumbang. Satu dari dua orang yang jatuh tadu adalah balita. Luka di kepala merenggut jiwa sang balita. Sang ibu yang jatuh bersama balita pun berduka. Tentu, semua sanak keluarga ikut berduka.

Kasus bergulir ke pengadilan. Abu dibelit dengan UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pasal yang dikenai adalah 310 ayat 4. Substansi pasal ini adalah bahwa seseorang yang dianggap lalai, lalu memicu kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa dibidik hukuman pidana penjara maksimal enam tahun. Selain itu, dapat dikenai denda maksimal Rp 12 juta.

Abu mengakui kesalahannya. Dia berdamai dengan keluarga korban sekaligus memberi uang duka Rp 4 juta. Kelak kedua hal itu turut meringankan Abu di pengadilan selain aspek lain seperti tindakan Abu yang menolong korban ke rumah sakit.

Majelis hakim akhirnya memvonis Abu pidana penjara tiga bulan dan 15 hari. Kecelakaan selalu menyakitkan, baik bagi korban maupun sang pelaku.  (edo rusyanto) 

foto:istimewa

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: