Skip to content

Lagi Latihan Nyetir, Tertimpa Truk 16 Ton

22 Oktober 2016

S/W Ver: 85.98.90R

NAAS nian Mawar, kita sapa saja demikian. Pagi nan cerah yang seharusnya dilewati dengan ceria justeru dirundung kelabu.

Pagi itu dia meluangkan waktu untuk belajar mengendarai mobil. Saat itu merupakan kali ketujuh dia mengendarai mobil yang sama sebagai sarana latihan menyetir. Di dalam mobil dia tidak sendirian. Ada instruktur yang menemani.

Awalnya, semua berjalan seperti biasa. Hingga pada suatu sudut kota yang jalannya berlubang dikejutkan oleh suara bergemuruh keras. Bagian belakang mobil low multi purpose vehicle (MPV) yang dipakainya latihan pun ringsek.

Kejadian itu tak hanya menimpa mobil Mawar. Mobil yang ada di belakangnya yang kebetulan jenisnya sama, juga ikut tertimpa truk yang tiba-tiba terguling. “Saya masih bisa keluar bersama isteri saya karena mobil masih bisa menahan truk, tapi akhirnya mobil saya rusak berat,” tutur saksi sekaligus pemilik mobil yang tertimpa truk, dalam dokumen pengadilan yang saya terima, di Jakarta, baru-baru ini.

Ya. Kasus tergulingnya truk itu memang akhirnya berujung ke pengadilan. Sang sopir dituduh melanggar Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Jaksa Penuntut Umum memakai pasal 310 ayat 1 dengan tuntutan delapan bulan pidana penjara dengan satu tahun percobaan. Selain itu, dikenai denda Rp 750 ribu.

Belakangan, majelis hakim memvonis sang sopir dengan pidana penjara enam bulan dengan masa percobaan satu tahun. Sedangkan denda yang harus dibayar sang sopir sebesar Rp 500 ribu.

Lantas, kenapa truk terguling?

“Saat melintas di jalan berlubang saya sudah pelan-pelan, tapi truk tidak terkendali sehingga terbalik,” ujar sang sopir.

Saat kejadian, truk sedang mengangkut kerta bekas seberat 16 ton. Truk berangkat dari Jakarta menuju kota di Jawa Tengah. “Truk mengangkut beban berlebih, seharusnya, truk mengangkut maksimal 14 ton,” tulis dokumen tersebut. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: