Skip to content

Enam Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

19 Oktober 2016

jagorawi-dari-cawang1

INDONESIA terus membangun jalan tol. Tak hanya menyambungkan Pulau Jawa, yakni dari barat ke timur. Pembangunan itu juga merajut Sumatera, Kalimantan, bahkan Sulawesi.

Jalan tol alias jalan bebas hambatan dianggap mampu mendukung pertumbuhan ekonomi. Aksesibilitas yang tercipta mendongkrak pergerakan orang dan barang. Lihat saja dua jalan tol utama di Jabodetabek, yakni Jakarta-Bogor-Ciawi dan Jakarta-Cikampek.

Keduanya hadir merajut akses dari pusat industri ke wilayah pemasaran. Perputaran produksi mendorong konsumsi dan pertumbuhan ekonomi. Tak heran jika angkutan jalan masih dominan di negeri kita.

Bagi operator jalan tol, bisnis infrastruktur yang satu ini disadari bahwa pengembalian investasinya berdurasi jangka panjang. Walau, dari sisi lain, ada sedikit pemanis, yakni bahwa tarif jalan tol ditetapkan naik setiap dua tahun sekali sesuai besaran inflasi.

Ngomong-ngomong, tahukah Anda jalan tol terpanjang di Indonesia?
Berikut ini enam ruas tol terpanjang yang kini beroperasi di Tanah Air, per Agustus 2016:

1. Tol Cikampek-Palimanan
Tol yang beroperasi mulai 13 Mei 2015 ini memiliki panjang 116,75 kilometer (km). Sang pengelola, PT Lintas Marga Sedaya mengantongi konsensi hingga 2041.

2. Tol Jakarta-CIkampek
Tol milik PT Jasa Marga Tbk ini memiliki panjang 83 km. Konsesi yang dikantongi tercatat hingga 2045, sedangkan awal beroperasi pada 1988.

3. Tol Tangerang-Merak
Tol yang membentang dari Tangerang hingga Merak ini dimiliki oleh PT Marga Mandala Sakti dengan panjang 73 km. Sang pengelola mengantongi konsesi hingga 2047, sedangkan awal beroperasi tercatat sejak 1992.

4. Tol Padalarang-Cileunyi
Tol sepanjang 64,4 km ini dimiliki sekaligus dioperasikan oleh PT Jasa Marga Tbk sejak 1991. Jalan bebas hambatan ini konsesinya tercatat hingga tahun 2045.

5. Tol Jakarta-Bogor-Ciawi
Inilah ruas tol pertama yang dimiliki oleh Indonesia, yakni beroperasi sejak 1978. Tol sepanjang 59 km ini dimiliki oleh PT Jasa Marga Tbk, sedangkan konsesinya tercatat hingga 2045.

6. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang
Tol yang dimiliki oleh PT Jasa Marga Tbk ini memiliki panjang 58,5 km. Pengoperasian tol ini dimulai sejak 2005, sedangkan konsesinya berakhir pada 2045.

Ngomong-ngomong, konsesi jalan tol di Tanah Air paling sedikit 20 tahun, sedangkan paling banyak bisa mencapai 45 tahun. Khusus untuk tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) menurut catatan saya sudah sempat diperpanjang pada 2008, kalau tidak keliru. Maksudnya, konsesi yang kini dikantongi Jasa Marga adalah untuk periode kedua. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 19 Oktober 2016 10:25

    Infrastruktur terkait aspek safety (keselamatan) saya lihat sudah baku, dan diterapakan di hampir semua ruas tsb diatas, dan ini sebatas konstruksi jalan raya dan rambu/marka pendukungnya.

    Sayangnya kalau bicara “rest area”, hal ini yg saya lihat masih harus jadi ruang perbaikan bagi pengelola jalan tol, karena saya tidak tahu apakah “rest area” di jalan tol ini sudah dibakukan dalam bentuk regulasi atau belum?

    Belum lagi kalau bicara kesigapan pengelola saat melihat ada penumpukan kendaraan (macet) di area gerbang tol, disinilah bentuk pelayanan thd jasa yg ditawarkan pengelola jalan tol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: