Skip to content

Trotoar Berpohon di Yogyakarta

8 Oktober 2016

POLANTAS tampak sibuk memasang tanda penutupan jalan di kawasan menuju Tugu Yogyakarta. Para pengguna jalan dialihkan ke arah lain.

"Penutupan jalan dilakukan karena ada kirab dalam rangka tahun Yogyakarta," kata seorang sopir taksi, saat berbincang dengan saya di Yogyakarta, Jumat, 7 Oktober 2016 sore.

Ya. Sore itu Yogyakarta berulang tahun yang ke-290. Kirab Budaya menjadi salah satu kegiatan rutin yang berlangsung hingga malam hari di kota Pelajar yang kini terus berbenah itu. Sebagai kota destinasi wisata favorit wisatawan, salah pembangunan yang cukup gencar adalah properti hotel, walau saat ini dalam tahap moratorium.

"Sampai-sampai saat ini persaingan menjadi sangat ketat, termasuk bersaing dalam soal tarif," kata seorang general manager hotel bintang lima, saat berbincang dengan saya, di Yogyakarta, baru-baru ini.

Pembangunan terlihat disana-sini termasuk fasilitas publik. Bahkan, kabar mencuat, bakal ada infrastruktur bandara baru di provinsi itu.

Nah salah satu fasilitas publik adalah sarana berjalan kaki seperti trotoar. Yogyakarta punya sedikit cerita soal trotoar, persisnya di dekat Jl Balirejo.

Siang itu permukaan aspal baru saja diguyur hujan. Lalu lintas jalan ramai lancar. Sepeda motor berlalulalang. Ada yang sendiri dan ada yang berboncengan. Sebagian lainnya menggunakan mobil, sepeda kayuh, dan berjalan kaki.

Pedestrian kebagian jalan di trotoar yang ada di sisi jalan. Persis di sisi trotoar terdapat got dengan airnya yang jernih. Trotoar berukuran sedang, yakni bisa dua pedestrian berpapasan. Di tengahnya berdiri sejumlah pohon. Orang yang berjalan sesekali harus menghindar. Bahkan, melipir di sisi got yang terbuat dari beton.

Trotoar berpohon tak hanya milik Yogyakarta. Hal serupa juga ditemui di sebagian trotoar Jakarta. Malahan, sebagian pohonnya berukuran jumbo. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: