Skip to content

Pelaku Kecelakaan Usia Setengah Abad Melonjak Drastis

5 Oktober 2016

tabrakan-mobil

SUATU siang seorang jurnalis bertanya ke saya, “apa ada data kecelakaan yang melibatkan usia tua?”
Sebuah pertanyaan yang menggelitik. Jadilah saya membongkar-bongkar data yang tersimpan di laptop. Hasilnya, cukup mencengangkan saya.

Data Korlantas Mabes Polri memperlihatkan bahwa sepanjang lima tahun terakhir, yakni 2011-2015, kontribusi usia 50 tahun ke atas, maksudnya usia yang lebih dari 50 tahun, melonjak drastis. Tidak tanggung-tanggung, melonjak 56%.

Data itu muncul ketika membandingkan korban kecelakaan usia 50 tahun ke atas pada 2011 dengan tahun 2015. Sekali lagi, dari sisi kontribusi, jumlahnya melonjak tajam, yakni dari 9% menjadi 14% dari total korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Secara kuantitas, di rentang waktu tersebut setiap tahunnya terdapat sekitar 18 ribu korban kecelakaan berusia di atas 50 tahun. Mereka ada yang menderita luka-luka dan meninggal dunia.

Tunggu dulu, dari sisi sebagai pelaku kecelakaan, rentang usia lebih dari 50 tahun juga mencatat lonjakan, yakni dari 7% menjadi 12%. Dalam lima tahun terakhir, setiap tahun ada sekitar 9.000 usia di atas 50 tahun yang menjadi pelaku kecelakaan di jalan.

Bagi saya, saat berkendara, kebugaran amat mutlak, terutama bagian mata sebagai indera penyerap informasi. Kebugaran harus dijaga sekalipun memasuki usia tua, yakni lebih dari 50 tahun.
Bagi pesepeda motor, kebugaran fisik lebih dibutuhkan karena berhadapan langsung dengan cuaca, seperti angin dan sengatan matahari yang bisa membuat dehidrasi. Usia semakin tua dapat lebih mudah lelah ketimbang usia muda yang berkisar 20-30 tahun.

Oh ya, negara kita belum mengatur batas usia maksimal orang yang boleh berkendara di jalan raya. Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang berlaku saat ini hanya mengatur batas minimal para penerima surat izin mengemudi (SIM), yakni 17 tahun. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: