Skip to content

Tidak Menurunkan Penumpang di Halte Bisa Didenda Rp 30 Juta

27 September 2016

halte-transjakarta-kota3

HALTE alias tempat pemberhentian kendaraan bermotor umum berfungsi sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang memang punya peran penting bagi publik di Jakarta. Bahkan, saat musim penghujan dijadikan tempat berteduh bagi pesepeda motor.

Walau, di sebagian titik lainnya, ada juga halte yang dijadikan tempat berdagang. Entah sekadar berdagang makanan dan minuman ringan, atau barang lain yang dibutuhkan konsumen.

Kita tahu bahwa halte adalah fasilitas pendukung bagi perlengkapan jalan. Kalau merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No 5 tahun 2014 tentang Transportasi, ditegaskan bahwa halte dibangun dekat dengan jembatan penyeberangan pejalan kaki dan/atau terowongan penyeberangan pejalan kaki.

Dan, setiap pengemudi kendaraan bermotor umum wajib menunggu, menaikkan dan/atau menurunkan penumpang dan/atau barang pada halte.

Untuk urusan yang satu ini bahkan ditegaskan dengan ancaman sanksi loh. Tidak tanggung-tanggung, ada ancaman pidana kurungan paling lama tiga bulan dan/atau denda paling banyak Rp 30 juta. Seram juga yah?

Di sisi lain, halte juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai ruang promosi/iklan baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Sementara itu, guna memenuhi aspek keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas jalan, pemanfaatan halte tadi wajib mendapat rekomendasi teknis dari Kepala Dinas. Selain itu, pemanfaatannya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan teknis atas pemanfaatan halte sebagai ruang promosi/iklan diatur dengan Peraturan Gubernur,” tulis Perda No 5 itu.

Nah, segitu dulu tulisan soal halte. Semoga bermanfaat menambah wawasan pengetahuan kita. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: