Skip to content

Belajar Dari Tabrakan Wartawati Muda

24 September 2016

tabrakan-nori-mobil

KECELAKAAN lalu lintas jalan bisa menimpa siapa saja. Pastinya, kecelakaan bisa berawal ketika pengendara terganggu konsentrasinya.

“Saat kecelakaan, saya sedang memindahkan tempat minum,” sergah wartawati muda di salah satu televisi swasta, ketika berbincang dengan saya, di Jakarta, baru-baru ini.

Dia menambahkan, selain itu, dirinya sedikit kaget karena adanya pesepeda motor yang hadir diluar perkiraannya. “Tapi, memang kondisi saya saat itu sedikit lelah. Laju mobil juga sedikit kencang. Belum lagi, di dekat lokasi seperti ada gundukan di jalan,” papar dia.

Jadilah, mobil yang dikendarainya ‘terbang.’ Gerobak besi itu kemudian menghantam lokasi tempat mendaratnya. Kerusakan cukup serius terjadi di bagian depan kanan mobil, persisnya di dekat roda depan bagian kanan. “Saya tidak mengalami luka berat. Ada luka memar dan sedikit sesak di dada,” ujar dia.

Kecelakaan lalu lintas jalan hadir ketika sang pengendara lengah. Konsentrasi yang buyar amat mengurangi kemampuan mengantisipasi situasi yang ada. Beberapa hal yang dapat merusak konsentrasi di antaranya adalah lelah, mengantuk, dan sakit.

Perhatian yang teralihkan dalam hitungan detik juga bisa merusak konsentrasi. Dalam kecelakaan wartawati muda di atas, dia mengaku sedang memindahkan tempat minum. Memang, ada aspek lain seperti sedikit rasa lelah dan kecepatan yang dianggap sedikit kencang.

Indonesia masih punya catatan kelam di jalan raya. Setidaknya, setiap hari ada 250-an kecelakaan di seantero Nusantara. Kecelakaan tersebut merenggut 70-an jiwa dan ratusan orang lainnya menderita luka-luka, setiap hari.

Usia muda merupakan kelompok yang paling banyak terlibat kecelakaan lalu lintas jalan. Entah karena mayoritas pengguna jalan adalah kelompok usia tersebut, atau memang pengendara usia tersebut kerap terusik konsentrasinya. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 24 September 2016 21:42

    di jalan itu harus selalu waspada …., hati2 saja gak cukup Gan …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: