Skip to content

Muncul Lagi Isu Pembatasan Kepemilikan Kendaraan Pribadi

13 September 2016

jaringan-angkutan-umum-massal-jabodetabek

TINGGINYA penggunaan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil, masih mewarnai pergerakan orang di Jabodetabek. Kini, setidaknya 76% pergerakan orang menggunakan kendaraan pribadi, mengingat penggunaan angkutan umum (angkutum) baru sekitar 24%.

Saat ini, pergerakan orang di kawasan Jabodetabek menyentuh 47,5 juta per hari.

“Penggunaan kendaraan pribadi masih tinggi. Untuk memindahkan ke angkutan umum massal butuh perubahan mindset,” kata Suharto, direktur Perencanaan & Pengembangan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dalam diskusi Automated People Mover di East Corridor, di Jakarta, Selasa, 13 September 2016.

Di sisi lain, katanya, tidak tertutup kemungkinan ada pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi. Saat ini, pembatasan yang dilakukan baru sebatas pergerakan kendaraan. “Misalnya, pembatasan ganjil genap,” tutur dia.

Menurut dia, salah satu ekses banyaknya kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor adalah masih tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas jalan. “Khususnya kecelakaan sepeda motor,” ujar dia.
Suharto mengatakan, pihaknya punya target meningkatkan penggunaan angkutan umum di Jabodetabek menjadi 60% pada 2019. Bahkan, menjadi 60% pada 2020.

“Caranya dengan mengintegrasikan transportasi massal yang ada,” kata dia.

Ada dua yang integrasikan. Pertama, integrasi secara fisik. Misal, antara kereta dengan bus. Kedua, integrasi sistem. “Misal, alat pembayarannya dapat berlaku di dua atau beberapa moda transportasi,” tuturnya. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: