Skip to content

Korban Tewas Akibat Kecelakaan Meningkat 15%

11 September 2016

tabrakan-mobil
KORBAN tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya meningkat 15%. Peningkatan itu terjadi untuk periode Januari-Agustus 2016 dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya.

Data Ditlantas Polda Metro Jaya memperlihatkan bahwa pada delapan bulan 2016 tercatat dua orang meninggal setiap hari akibat kecelakaan di jalan. Padahal, jumlah kasus kecelakaan naik tipis, yakni sekitar 1%. Setiap hari, pada periode itu terjadi sekitar 17 kecelakaan lalu lintas jalan.

Selain korban tewas, kecelakaan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya juga menyebabkan para korban menderita luka ringan dan luka berat. Mereka yang harus memikul luka berat tercatat setiap hari sebanyak tujuh orang. Sedangkan korban luka ringan tercatat rerata 12 orang per hari. Memprihatinkan.

Terus bertumbangannya anak bangsa di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas jalan tentu bukan persoalan sepele. Kecelakaan sudah menjadi persoalan serius mengingat tingginya jumlah korban yang direnggut. Peran seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), maupun masyarakat menjadi mutlak untuk memangkas terjadinya kecelakaan di jalan.

Salah satu upaya yang cukup jitu sejatinya adalah meredam perilaku berkendara yang ugal-ugalan alias melanggar aturan. Langkah itu mesti dimulai dari diri sendiri dan dimulai hari ini. Setuju? (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: