Skip to content

Begini Pandangan Dirlantas PMJ Soal Angkutan Online

9 September 2016

edo-dan-dirlantas-pmj_ist

DIREKTUR Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Syamsul Bahri punya pandangan tersendiri soal angkutan umum berbasis aplikasi alias angkutan online. Pastinya, dia mendukung keberadaan angkutan ini sekalipun pada saat bersamaan perlu juga ada pembenahan.

“Kami mendukung angkutan berbasis aplikasi. Kami tidak melihat apakah STNK mereka perorangan atau badan karena bukan wewenang kami,” papar Dirlantas dalam diskusi ‘Masa Depan Transportasi Berbasis Aplikasi di Indonesia’, di Jakarta, Kamis (8/9) pagi.

Dia menambahkan, pihaknya hanya menilang mereka yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Atau, ketika mengemudi tidak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Menurut dia, di wilayah hukumnya, yaitu Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) setidaknya terdapat 20 ribu angkutan mobil online. Kehadiran angkutan online membantu masyarakat akan kebutuhan transportasi secara cepat, murah, dan multiguna.

Bagi Syamsul Bahri, pengemudi angkutan online harus memiliki SIM sesuai peruntukkannya. Lalu, kendaraan harus dilakukan uji kir. Selain itu, mematuhi aturan, etika, dan tata tertib berlalulintas. “Namun, dalam pengelolaan angkutan umum dengan sisem aplikasi perlu sistem kontrol dari aparat, asuransi dan perlindungan kepada pelanggan,” tegas dia.

Sementara itu, Ridzki Kramadibrata, managing director Grab Indonesia yang hadir dalam diskusi itu menegaskan bahwa Grab mendukung kebijakan kir demi keselamatan pengemudi dan penumpang. “Masalah kir ada di dalam Undang Undang. Kami mendukung karena terkait keselamatan,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya bekerjasama dengan dinas perhubungan (dishub) DKI Jakarta agar terjadi kemudahan dalam proses tersebut. Hasilnya, kir untuk angkutan online bahkan dapat dilakukan saat hari Minggu. “Pastinya, kir itu demi keselamatan pengendara dan penumpangnya,” tukasnya. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 11 September 2016 15:47

    Hmm berarti angkutan berbasis onlne masih perlu pembenahan lebih lanjut. thanks atas sarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: