Skip to content

Alasan Kenapa Berisiko Tinggi Bawa Barang Berlebih

26 Agustus 2016

Ampenan-20140524-02834

SEPEDA motor masih menjadi andalan masyarakat untuk bermobilitas. Entah itu sekadar untuk beranjangsana atau untuk mencari nafkah.

Kendaraan roda dua ini boleh dibilang menjadi alat angkutan yang digemari. Selain karena harganya relatif terjangkau kocek orang kebanyakan, juga karena kepraktisannya dinilai lebih mangkus dan sangkil. Ujung-ujungnya dianggap lebih murah biaya pengoperasiannya.

Karena itu, tak jarang sepeda motor dijadikan alat angkut untuk membawa barang-barang. Sebut saja misalnya untuk mengangkut sembako, hewan ternak, alat elektronik, hingga sayur mayor. Ironisnya, dalam proses pengangkutan tersebut terjadi kelebihan beban. Maksudnya, jumlah barang yang dibawa tergolong super banyak sehingga bobot sepeda motor jauh kalah berat dibandingkan dengan yang diangkut.

Tahukah kita bahwa mengendarai sepeda motor pada prinsipnya adalah bagaimana sang pengendara menyeimbangkan kendaraan itu agar tetap stabil melaju di jalanan. Ketika kondisi seimbang dan stabil, laju kendaraan dapat dijaga dengan seksama sehingga keselamatan sang pengendara maupun penumpang dapat lebih terjaga.

Upaya pengendara menstabilkan sepeda motor akan tertanggu ketika berat barang yang diangkut super banyak. Contohnya, ketika hendak berbelok atau mengerem.
Sekali lagi, tanpa kestabilan, si roda dua mustahil dapat berjalan dengan nyaman. Beban berlebih menyulitkan sang pengendara bermanuver termasuk untuk menghindari jalan berlubang atau obyek bergerak lainnya yang membahayakan.

Karena itu, membawa barang berlebihan akan merusak keseimbangan sang pengendara. Kondisi sepeda motor yang tidak seimbang bukan semata membuat tidak nyaman, tapi juga berisiko tinggi. Buntutnya tentu saja bisa runyam. Alih-alih mau hemat, bisa jadi berujung celaka. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: