Skip to content

Indonesia Peringkat Keenam Kecelakaan di Dunia

25 Agustus 2016

keeping-kids-off-the-road

KECELAKAAN lalu lintas jalan tergolong persoalan serius bagi negara-negara di dunia. Merujuk data yang dilansir Badan Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 1,25 juta warga dunia tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada 2015. Indonesia berada di posisi keenam terbesar dari sisi jumlah korban kecelakaan yang meninggal dunia.

Mengutip laporan Global Status Report on Road Safety 2015, yang dilansir WHO, jumlah korban tewas yang dilaporkan di Indonesia sekitar 26 ribuan jiwa. Artinya, setiap hari 72 jiwa anak bangsa meregang nyawa di jalan raya. Miris.

Dalam laporan yang sama dan versi yang sama, yakni korban tewas yang dilaporkan, menempatkan India di posisi teratas. Data itu menyebutkan bahwa terdapat 137 ribuan jiwa tewas akibat kecelakaan. Angka itu setara dengan sekitar 377 jiwa per hari tewas akibat kecelakaan di India.

Posisi kedua dan ketiga adalah Tiongkok, yakni nyaris 63 ribu jiwa yang tewas dan Brasil sekitar 41 ribu korban tewas. Setiap hari, di kedua negara itu masing-masing tercatat sekitar
172 jiwa dan 112 jiwa korban tewas akibat kecelakaan.

Sementara itu, Amerika Serikat dan Rusia menempati urutan keempat dan kelima, yaitu 32 ribuan jiwa dan 27 ribuan jiwa. Artinya, di Amerika Serikat dan Rusia setiap hari terdapat korban tewas masing-masing 90 jiwa dan 74 jiwa.

Margaret Chan, director general WHO mengatakan, kecelakaan lalu lintas jalan menjadi penyebab utama kematian kalangan muda berusia antara 15-29 tahun. Sedangkan pengguna jalan yang rentan menjadi korban kecelakaan adalah kalangan pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepeda motor. Data WHO memperlihatkan kalangan pesepeda motor menjadi kelompok yang paling banyak menjadi korban kecelakaan, yakni sekitar 23%. Lalu, sekitar 22% dari kalangan pejalan kaki dan sekitar 4% dari kalangan pesepeda kayuh.

“Padahal sebagian besar dari itu bisa dicegah lewat tindakan yang cepat secara global,” kata dia, dalam laporan tersebut. (edo rusyanto)

4 Komentar leave one →
  1. Rena permalink
    25 Agustus 2016 18:37

    Saya ragu apakah data ini akan ditanggapi serius oleh kebanyakan orang Indonesia. Saya yakin sekali akan banyak dari mereka yang mengatakan “ah MASIH peringkat enam ini, Amerika saja lebih parah, berarti kita TIDAK PARAH-PARAH AMAT”.

  2. 1 September 2016 17:25

    nice post mas edo.. thank you

Trackbacks

  1. Pahami 5 pasal asuransi kendaraan agar tak salah paham - Tayangin
  2. Jasaraharja Putera | Pahami 5 pasal asuransi kendaraan agar tak salah paham - Jasaraharja Putera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: