Skip to content

Sabar-sabarlah Berkendara di Titik Jakarta yang Satu Ini

14 Agustus 2016

infrastruktur mrt jakarta 2016

PEMANDANGAN antrean kendaraan bermotor kian banyak di sudut-sudut Jakarta. Kali ini, khususnya di area yang sedang berlangsung pembangunan mass rapid transit (MRT), antrean kian membludak, terutama pada jam-jam sibuk. Nah, sabar-sabarlah berkendara.

Salah satu area terkait pembangunan MRT adalah kawasan Jl Fatmawati menuju Lebak Bulus. Lokasi yang sama-sama di Jakarta Selatan itu benar-benar tumpah ruah oleh kendaraan bermotor. Bahkan, saat libur hari Minggu pun tetap padat merayap. Terlebih, di ruas dari perempatan Jl Fatmawati menuju arah Lebak Bulus. Ada ruas jalan yang menyempit, yakni hanya tersedia satu lajur. Praktis, antrean kendaraan bermotor pun mengular.

Penyempitan itu terjadi karena sedang berlangsung pembangunan tiang MRT. Sejumlah tiang beton dengan kerangka besi baja menjulang dan siap dicor. Tiang separuh jadi yang dibalut jaring berwarna biru berdiri di bagian kanan jalan. Kendaraan yang hendak melintas harus super sabar. Apalagi, permukaan jalan di area itu bergelombang sehingga membuat pengendara, khususnya sepeda motor mesti ekstra hati-hati.

Saat saya melintas, Sabtu, 13 Agustus 2016 siang, pemandangan antrean lumayan panjang. Hampir segala jenis kendaraan bermotor tumpah ruah. Mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, angkutan kota hingga bus. Saatnya mengikuti ujian kesabaran.

Pekerjaan di area ini merupakan bagian dari pembangunan Koridor Selatan-Utara yang membentang dari Lebak Bulus – Area Kota. Pembangunan koridor itu dilakukan dalam dua tahap.

Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada 2018.

Sedangkan tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Area Kota sepanjang 8.1 Km yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2020. “Studi kelayakan untuk tahap ini sudah selesai,” tulis laman jakartamrt.co.id. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: