Skip to content

Pengalaman Pertama Mengulas Road Safety di Markas Penjaga Langit

24 Juli 2016

IMG-20160724-WA0034

SAAT pertamakali diajak bro Willy, region commander Tiger Riders Club (Tric) Indonesia untuk membahas keselamatan jalan (road safety) di kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI), saya merespons antusias. Saat itu yang terlintas di benak saya adalah menyeberangkan pemahaman road safety di kalangan penjaga kedaulatan Republik Indonesia. Menularkan pemahaman sekaligus menggugah peran TNI dalam mewujudkan lalu lintas jalan yang aman dan selamat.

Maklum, data Korlantas Mabes Polri menyebutkan, dalam rentang 2010-2014 sekitar 4.300 anggota TNI menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Korban tersebut mencakup meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan. Sedangkan dari sisi pelaku jalan, tercatat sekitar 3.100 anggota TNI yang terlibat kecelakaan.

Oh ya, komposisi TNI sebagai korban maupun pelaku kecelakaan memang amat minim, yakni masing-masing sekitar 1% dari total korban maupun pelaku kecelakaan.

Ajakan bro Willy akhirnya terwujud pada Minggu, 24 Juli 2016. Kami mengunjungi Markas Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I/Jakarta (Kosekhanudnas I), di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Instansi tersebut bagian dari Kohanudnas yang kini memiliki empat sektor. Wilayah tanggung jawab Kosek Hanudnas I meliputi Riau, Laut Cina Selatan, Kalimantan bagian Barat, Laut Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sebagian Samudera Indonesia.

Laman kohanudnas.mil.id menyebutkan, Kohanudnas adalah Komando Gabungan Khusus yang merupakan Kotama Utama Operasi TNI dengan komponen TNI AU sebagai kekuatan inti, diperkuat dan dibantu oleh unsur-unsur kekuatan angkatan lain.  Kohanudnas juga merupakan Komando Utama Pembinaan TNI AU  yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dalam bidang pembinaan kesiagaan operasi dan pelaksanaan Operasi Pertahanan Udara, di wilayah udara nasional , dan Kasau dalam bidang pelaksanaan pembinaan administrasi dan kesiapan unsur TNI AU untuk operasi Hanud.

tric di halim paparan panglima

Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional merupakan Komando pelaksana operasi pertahanan udara yang dipimpin oleh seorang Panglima dan bertanggung jawab kepada Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas). “Kami menjadi penjaga langit Indonesia,” tutur Panglima Kosekhanudnas I, Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga, dalam paparannya, Minggu pagi.

Bagi saya, ini adalah kali pertama memaparkan soal road safety di kalangan TNI. Mengajak TNI, khususnya TNI Angkatan Udara (AU) untuk andil dalam keselamatan jalan menjadi pengalaman tersendiri. Bagi saya, TNI memiliki keunggulan dari warga sipil. Ada tiga hal utama yang dapat menjadi bekal besar TNI dalam mendukung terwujudnya lalu lintas jalan yang aman dan selamat.

Ketiganya mencakup disiplin yang tinggi, jiwa nasionalisme yang kuat, dan figur teladan. Khusus yang terakhir, maksudnya, bila TNI mampu memberi contoh yang baik kepada publik akan mudah ditiru oleh masyarakat kebanyakan.

Soal yang kedua tentu tidak bisa dibantah mengingat TNI punya sistem yang solid dan berdisiplin kuat. Bila hal ini diterapkan juga di jalan raya, tentu menjadi bekal yang dahsyat. Maklum, kedisiplinan pula yang kini menjadi persoalan di lalu lintas jalan.

panglima kosekhanudnas dan edo 2016

Begitu juga dengan persoalan nasionalisme. Di dada TNI merah putih adalah mutlak. Rasa cinta Tanah Air diwujudkan dengan menyerahkan jiwa raga untuk keutuhan Ibu Pertiwi. Manakala kecelakaan lalu lintas jalan mengancam kehidupan anak bangsa yang sepanjang 20 tahun terakhir merenggut lebih dari 300 ribu jiwa, TNI bisa menjadi garda terdepan. Khususnya, lewat figur teladan dengan mencontohkan kedisiplinan yang tinggi saat berlalu lintas jalan. Tentu saja, salah satu wujud kedisiplinan adalah dengan mentaati aturan yang berlaku saat ini.

“Hal ini perlu terus disosialisikan dan saya ingin ikut mensosialisasikan di kalangan saya,” tutur Panglima saat berdialog dengan saya di ajang diskusi bertajuk ‘Peran TNI dalam Keselamatan Jalan’.

Tapi, tambah Panglima, dirinya juga berharap Tric ikut mensosialiasikan keselamatan jalan di kalangan anggota pesepeda motor. Sontak hal itu ditimpali bro Willy bahwa pihaknya terus aktif mensosialisasikan road safety di kalangan pengguna jalan, termasuk di kalangan anggota kelompok pesepeda motor.

Diskusi itu bagian dari kunjungan Tric ke Kosekhanudnas I yang digelar Minggu. “Kami ingin sesuatu yang berbeda dan ingin menjadikan kegiatan ini sebagai fortofolio kami,” tutur bro Dave Masri, region comander Tric Indonesia saat berbincang dengan saya seusai diskusi. (edo rusyanto)

foto:edo dan willy

One Comment leave one →
  1. 25 Juli 2016 10:45

    Mantapppp Om Edo….!!!!! Thank you juga atas kesediaan waktunya untuk bisa memberikan overview yang lebih jelas bagi rekan2 dari Kosekhanudnas hari Minggu kemarin terkait pentingnya berkendara dengan disiplin di jalan raya..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: