Skip to content

Mobil Pejabat Berpengawal Pun Ikut Masuk Busway

18 Juli 2016

busway motor 3

PADATNYA kendaraan bermotor mulai menghiasi jalan-jalan Jakarta seusai libur musim Lebaran 2016. Di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pemandangan tersebut begitu kentara, Senin, 18 Juli 2016 siang. Ribuan kendaraan tumpah ruah dengan segala tingkah polah pengendaranya.

Ada pengendara yang dengan entengnya menerobos lampu merah. Di bagian lain ada yang seakan tanpa rasa bersalah berputar arah di lokasi yang bukan semestinya. Bahkan, ada juga yang melintas di jalur khusus bus Trans Jakarta alias busway.

Di tengah kepadatan arus lalu lintas jalan dari Ragunan, Jakarta Selatan ke arah perempatan Kuningan, Jakarta Selatan, tiba-tiba terdengar suara sirene. Usut punya usut suara sirene tadi datang dari sepeda motor polisi yang sedang mengawal mobil pejabat. Sang pengawal tampak sibuk meminta prioritas bagi mobil sedan warna hitam yang sepintas saya lihat berpelat nomor polisi tanpa huruf di bagian belakangnya.

Barangkali sang pejabat sedang buru-buru sehingga meminta diberikan prioritas. Tidak ada yang keliru. Regulasi yang berlaku saat ini, yakni UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) memungkinkan hal itu.

Tiba-tiba, sang pengawal dan mobil yang dikawal masuk ke busway. Maklum, di jalur arteri kendaraan bermotor bertumpuk sehingga laju kendaraan pejabat tadi tersendat. Bahkan, saat saya lihat di lampu merah perempatan Mampang sebelum perempatan Kuningan, sang pengawal membawa mobil yang dikawalnya menerobos lampu merah. Sayangnya saya tidak punya potret kejadian tersebut.

Segala rambu dan marka tunduk pada petugas, terutama bagi mereka yang mendapat hak prioritas di jalan. Bisa jadi pemandangan yang saya lihat siang itu karena sang pejabat sedang dalam posisi buru-buru untuk menuju tempat tujuan karena ada masalah yang mendesak. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: