Skip to content

53% Kecelakaan Mudik Melibatkan Sepeda Motor

6 Juli 2016

mudik_fajar

MAYORITAS kecelakaan lalu lintas jalan selama musim mudik Lebaran 2016 masih melibatkan sepeda motor. Hingga Selasa, 5 Juli 2016 sekitar 53% kecelakaan yang terjadi melibatkan si roda dua.
Boleh jadi si kuda besi masih dominan karena jumlahnya lebih besar dibandingkan jenis kendaraan lain. Hingga Senin, 4 Juli 2016 atau H-2 Lebaran, jumlah sepeda motor mencapai sekitar 62% atau 1,56 juta unit dari total kendaraan musim mudik yang tercatat 2,53 juta unit.

Di sisi lain, si kuda besi memang ringkih untuk terjebak dalam kecelakaan di jalan ketimbang roda empat atau lebih. Terlebih, bila sang pengendaranya kehilangan konsentrasi, entah karena lelah, ngantuk, atau sakit. Kelelahan merupakan kondisi yang amat mungkin merusak konsentrasi bila manajemen perjalanan mudiknya tidak dikelola dengan sehat.

Para pemangku kepentingan, yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Mabes Polri pun angkat bicara. “Kita tidak ingin kecelakaan lalu lintas terus meningkat. Alhamdulillah evaluasi kecelakaan hingga hari ini sudah menurun, yang agak tinggi adalah sepeda motor,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, dalam publikasinya, di Jakarta, Selasa, 5 Juli 2016.

Dia menambahkan, kalau sepeda motor banyak kecelakaan malam hari, dilarang saja tidak boleh melakukan aktivitas perjalanan malam hari. “Istirahat di rest area atau lainnya”, tegasnya.
Hal senada dilontarkan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. “Paling tidak roda dua berangkatnya pagi, malam tidak usah,” ucap Agung.

Hingga H-3 tercatat rata-rata ada 149 kecelakaan per hari. Buntut dari kecelakaan tersebut merenggut 123 korban jiwa dan ratusan orang lainnya menderita luka berat dan ringan.
Di sisi lain, Pudji kembali mengingatkan para kepala terminal bus di daerah untuk terus menerus mengawasi dan mengecek kesehatan para supir bus, agar senantiasa dalam kondisi prima saat berkendara. Hal tersebut karena salah satu penyebab kecelakaan pada bus adalah kondisi supir yang sudah kelelahan dan mengantuk. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: