Skip to content

Tempat Libur Lebaran Ini Bisa Nampung 5 Ribu Motor

2 Juli 2016

racer_slide_waterkingdom

KEMANA libur Lebaran tahun ini? Bagi mereka yang tinggal di Jakarta tentu saja punya segudang pilihan. Mulai dari Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta Timur), Kebun Binatang Ragunan (Jakarta Selatan), hingga Pantai Ancol (Jakarta Utara).

Nah, bagi warga di pinggiran Jakarta, khususnya di ujung timur Jakarta, banyak pilihan lain yang cukup memikat. Di ujung timur Jakarta yang mencakup kawasan Cibubur, Jonggol dan sekitarnya, tersedia aneka tempat wisata alam maupun atraksi yang menjadi favorit keluarga.

Hijaunya alam, segarnya udara ditambah dengan gemericik air menjadi daya pikat tersendiri bagi anak-anak dan keluarga. Udara tropis membuat wisata air memberi kekhasan bagi siapapun yang singgah ke wahana wisata itu. Kesemua itu menjadi lengkap ketika untuk urusan goyang lidah pun tersedia disana-sini dengan beragam menu menggoda selera.

Water Kingdom

Wahana wisata air Water Kingdom dapat menjadi alternatif mengisi libur Lebaran. Di area wisata seluas 5,6 hektare (ha) ini pengunjung dapat menikmati aneka fasilitas wisata air. Wahana air yang terletak di Jonggol, Cileungsi, Bogor ini mengusung tajuk family aquatic adventure park dan menyediakan berbagai fasilitas rekreasi yang mendidik dan menyehatkan. Konsep itu menggabungkan prinsip bermain (play), pendidikan jasmani (physical education), olahraga (sport), rekreasi (recreation), dan ritme gerak manusia dalam zona kenyamanan (leisure).

Direktur Water Kingdom Mekarsari Widi mengatakan, Water Kingdom setiap lebaran dan hiburan sekolah selalu menampilkan sesuatu yang berbeda dan dijamin seru dan nyaman bagi keluarga.

Sebagai wahana rekreasi yang dihadirkan untuk keluarga, beragam fasilitas untuk berbagai usia, seperti toddler pool, wave pool, olympic pool, leisure pool, kiddy pool, dan splash plaza juga tersedia dengan berbagai keistimewaannya. Wahana hiburan air yang beroperasi sejak 2012 ini menyediakan beragam jenis makanan dan minuman di gerai-gerai yang tersebar di deretan restoran, juice bar, food stall, coffee shop, dan food court.

parkir motor water kingdom
“Untuk Lebaran kali ini Water Kingdom memiliki program yang sayang untuk dilewatkan, karena akan banyak sekali hiburan mulai dari live music, sesi foto selfi,” kata Widi, dalam publikasinya, di Jakarta, Kamis, 30 Juni 2016.

Dia menambahkan, sepanjang rentang 7-17 Juli 2016, pihaknya memberi potongan harga tiket 25-30%. “Potongan itu bagi pemegang kartu BRI, Matahari, dan Hypermart,” paparnya.

Bagi kita para pesepeda motor tak perlu khawatir untuk urusan parkir. Water Kingdom punya tempat parkir yang mampu menampung hingga lima ribu sepeda motor. Selain itu, mampu menampung dua ribu mobil dan seribu bus. Luas banget yah parkirnya?

Taman Buah Mekarsari

Selain Water Kingdom, masih di kawasan yang sama, terdapat wahana wisata alam Taman Buah Mekarsari. Lokasinya yang berdampingan membuat wisatawan sekali dayung dua pulau terlampaui, alias sekali jalan bisa menikmati dua obyek wisata berbeda. Obyek wisata seluas 264 ha ini tergolong lengkap.

Laman mekarsari.com menyebutkan bahwa obyek wisata ini merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar didunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia.

“Sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan(breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat,” tulis laman itu.

Wisatawan tak semata menikmati obyek wisata buah-buahan, di Taman Buah Mekarsari juga terdapat aneka pilihan wisata atraksi. Sebut saja misalnya, wisata atraksi air yang bisa merangsang adrenalin. Lalu, wisata outbond, pertunjunkan, dan rumah pohon. “Obyek wisata ini cukup mendidik anak-anak sekaligus menghibur,” ujar seorang wisatawan saat berbincang dengan saya, di Mekarsari, beberapa waktu lalu.

buah mekarsari1_edo

Hutan Kota dan Lebah

Bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur punya pesona hutan kota. Kawasan ini amat rindang dengan hijaunya pepohonan. Maklum, ini adalah kawasan perkemahan yang cukup luas di kawasan Jakarta. Kesemua itu menjadi lengkap dengan hadirnya danau di tengah perkemahan yang kerap dipakai wisatawan untuk kumpul bersama sanak saudara.

Bagi penggemar wisata memancing, di kawasan Bumi Perkemahan Cibubur ini juga terdapat sejumlah kolam pemancingan. Wisatawan bisa menikmati wisata memancing, khususnya memancing ikan darat.

Sejatinya bumi perkemahan ini benar-benar menyajikan wisata alam. Selain hutan kota dan danau, di sini wisatawan juga dapat menikmati wisata peternakan lebah. Anak-anak dan keluarga bisa melihat bagaimana cara beternak lebah, sekaligus turunannya seperti pijat sengat lebah. Di sini juga tersedia aneka madu lebah asli yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh dibawa ke rumah.

Di sudut lain, kawasan ini juga menyediakan taman lalu lintas. Di area yang satu ini selain memberikan edukasi mengenai cara berlalu lintas jalan yang aman dan selamat, anak-anak dapat menikmatif fasilitas wisata ramah lingkungan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: