Skip to content

10 Hal yang Perlu Diketahui Saat Mudik Lewat Tol

1 Juli 2016

macet tol jagorawi 2015c

ARUS kendaraan bermotor yang melintas di jalan tol terus meningkat. Pada musim mudik Lebaran jumlahnya bahkan kian membludak.

Sepatutnya kewaspadaan dilipatgandakan, tentu saja termasuk terus menjaga konsentrasi. Maklum, kecelakaan di jalan tol juga masih belum bisa dibendung saat ini.

Berikut ini ada 10 hal yang perlu kita ketahui untuk menambah kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat wira-wiri di jalan tol saat musim mudik Lebaran.

1. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima mulai dari mesin, fungsi pengereman, hingga kondisi tekanan angin pada ban.
2. Kondisi pengendara dalam keadaan bugar. Kebugaran dapat diciptakan ketika tubuh mendapat istirahat tidur yang cukup berkisar 6-8 jam sebelum berkendara. Saat tubuh tidak bugar konsentrasi bakal terganggu. Padahal, tanpa konsentrasi mustahil berkendara dengan baik. Karena itu, yang termasuk dihindari adalah berkendara setelah minum obat. Tak perlu memaksakan diri.
3. Stabilitas emosi. Antre dalam kemacetan hingga berjam-jam bisa memicu stress. Apalagi bila di dalam kendaraan ada anak-anak kecil yang rewel, misalnya, menangis dan berteriak-teriak, bisa memicu emosi pengemudi menjadi tidak stabil. Redam emosi berlebihan dengan tetap menjaga kebugaran dengan beristirahat yang cukup dan fokus dalam berkendara. Istirahat yang cukup juga membuat penumpang, khususnya anak-anak menjadi tidak rewel. Abaikan jika ada provokasi dari pengguna jalan yang lain yang bisa merusak konsentrasi.
4. Jaga jarak aman berkendara tiga detik dengan kendaraan di depan.
5. Mendahului secara aman termasuk dengan senantiasa menerapkan aspek See, Evaluate, dan Execution (SEE).
6. Tidak melintas di bahu jalan. Bahu jalan hanya dimanfaatkan untuk kondisi darurat seperti saat evakuasi korban kecelakaan lalu lintas jalan.
7. Beristirahat yang cukup di rest area yang sudah disediakan oleh pengelola jalan tol atau posko-posko yang tersedia. Istirahat dilakukan setidaknya setiap empat jam sekali dengan durasi istirahat minimal 30 menit.
8. Siapkan uang pas untuk pembayaran tarif di gardu tol.
9. Sediakan peralatan seperti kunci-kunci hingga obat-obatan, bahkan tempat sampah di dalam mobil.
10. Hindari barang bawaan yang berlebihan yang membuat kestabilan kendaraan bisa terganggu. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: