Skip to content

Lebih Dari 3.800 Orang Tewas Dalam Mudik Lima Tahun Terakhir

28 Juni 2016

mudik laka 2015_antara

MUSIM mudik Lebaran sepanjang lima tahun terakhir, 2011-2015, merenggut lebih dari 3.800 orang. Mereka menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan. Dalam rentang tahun tersebut terjadi sekitar 20 ribu lebih kecelakaan.

Secara keseluruhan, kecelakaan menimbulkan 31 ribu lebih korban. Dari jumlah tersebut sekitar 12% nya berujung pada kematian. Mayoritas korban menderita luka ringan, yakni sekitar 68%, sedagkan korban yang menderita luka berat mencapai sekitar 20%.

Karena itu, pemerintah menaruh perhatian cukup serius terhadap permasalahan kecelakaan lalu lintas jalan selama musim mudik Lebaran. Bahkan, tahun 2016, kementerian perhubungan (kemenhub), salah satu pemangku kepentingan keselamatan jalan, menargetkan nihil kecelakaan (zero accident) di lini angkutan umum. Lini itu merupakan domain kemenhub.

Upaya yang dilakukan pemerintah dengan segenap para pemangku kepentingan terus membuahkan hasil. Hal itu dapat dilihat dari tren fatalitas kecelakaan yang menunjukkan penurunan dalam tiga tahun terakhir. Bila pada 2012 korban tewas mencapai sekitar 57 jiwa per hari selama musim mudik, setahun lalu anjlok menjadi sekitar 40 jiwa per hari.

Sekalipun demikian bukan berarti para pemudik dan pemerintah lantas tenang-tenang saja. Sejumlah jurus dan penguatan sinergi mutlak terus diperkuat. Kita tahu bahwa dalam rentang musim mudik yang mencakup 16 hari, fatalitas kecelakaan anjlok 30-an% dibandingkan rerata fatalitas sepanjang tahun.

Berbekal dari jurus penangkal fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan pada musim mudik Lebaran, semestinya pemerintah dapat lebih agressif dalam memangkas fatalitas. Salah satunya adalah lewat penguatan sinergi dan konsistensi dalam meredam potensi terjadinya kecelakaan. Setuju? (edo rusyanto)

foto:antara

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: