Skip to content

Kampanye Mudik Selamat ala Akar Rumput

27 Juni 2016

aksi simpatik JA 2016

SEJUMLAH anak-anak muda tampak sibuk di sudut rumah toko (ruko) di bilangan Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur. Siang itu mereka tampak mengemas minuman ringan, kurma, dan makanan ringan ke dalam kantong plastik bening transparan. Meski tampak wajah-wajah lelah mengingat bulan Ramadan, siang itu semangat mereka tampak menyala-nyala.

“Kami menyiapkan tajil berbuka puasa bagi sekitar 500 orang dibarengi dengan aksi simpatik mudik selamat,” ujar Bro Acoy, ketua Independent Bikers Club (IBC), saat berbincang dengan saya, Minggu, 26 Juni 2016 siang.

IBC tidak sendirian. Aksi kali ini berkolaborasi dengan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) dan Kopdar Pengicau (Kopacu).

“Kagiatan ditutup dengan buka puasa bersama dengan kawan-kawan komunitas lain yang ikut aksi kali ini,” papar Alex Tandjoeng, wakil ketua umum IBC, di Kalimalang, Minggu.

Dalam aksi di Kalimalang mereka mengajak warga yang hendak mudik agar lebih aman dan selamat. Keselamatan menjadi prioritas, karena itu fokus kampanyenya adalah mudik sehat dan mudik selamat.

Upaya mengingatkan agar senantiasa fokus dan waspada saat berkendara, termasuk dalam musim mudik Lebaran, saya pikir sangat logis. Maklum, musim mudik tahun 2015 setiap hari 40-an orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Dan, bayang-bayang risiko terjadinya kecelakaan di jalan kian kentara manakala diprediksi terjadi lonjakan hingga 50% para pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai angkutan. Tahun 2016, kementerian perhubungan memperkirakan ada sekitar 5,6 juta sepeda motor.

Aksi simpatik kali ini, kata Alex, bagian dari road show road safety 2016 yang digelar bersama Jarak Aman. Kegiatan tersebut digelar di Jakarta, Tangerang, Cianjur, Bandung, Bogor, dan Jogjakarta. Ragam kegiatan mencakup diskusi, pelatihan, hingga aksi simpatik.
“Kami ingin para pengguna jalan lebih aman dan selamat,” kata Alex.

Mantabs bro. Terus bergerak. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: