Skip to content

Begini Profil Pergerakan Penumpang Musim Mudik 2016

24 Juni 2016

poster mudik 2016_48

WAJAH pergerakan penumpang angkutan umum maupun kendaraan pribadi saat musim mudik Lebaran 2016 diprediksi masih cukup besar. Bahkan, untuk angkutan sepeda motor ditaksir melonjak hingga 50% menjadi 5,6 juta sepeda motor dibandingkan setahun sebelumnya.

Data kementerian perhubungan (kemenhub) memperlihatkan ada sekitar 31,31 juta penumpang dari lima moda transportasi. Saking banyaknya pergerakan penumpang angkutan umum, pemerintah buru-buru menargetkan kecelakaan nihil (zero accident) di angkutan umum. Suatu target yang mulia.
Fakta data memperlihatkan bahwa kecelakaan demi kecelakaan lalu lintas jalan terjadi sepanjang musim mudik Lebaran tahun 2015. Begitu juga dengan tahun-tahun sebelumnya, walau tren penurunan terus terlihat hingga setahun lalu.

Nyaris serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, profil pergerakan orang selama musim mudik Lebaran 2016 masih didominasi oleh angkutan umum. Data kemenhub memperlihatkan, dari sekitar 31,31 juta penumpang angkutan umum sekitar 54% nya menggunakan angkutan udara atau setara dengan sekitar 18 juta penumpang.

Angkutan umum kedua terbesar adalah di moda angkutan jalan, yakni sekitar 4,5 juta penumpang (14%). Lalu, moda kereta api yang mencapai sekitar 4,1 juta penumpang (13%) dan moda penyeberangan sungai dan danau 3,8 juta penumpang (12%). Sedangkan moda angkutan laut sekitar 910 ribu penumpang (3%).

Nah, periode pemantauan musim mudik Lebaran kali ini jika menurut versi kemenhub dimulai pada 24 Juni 2016 sampai dengan 17 Juli 2016.

Di sisi lain, pergerakan orang yang menggunakan kendaraan pribadi selama musim mudik kali ini ditaksir mencapai sekitar 20,8 juta orang. Angka itu berasal dari 9,6 juta dengan menggunakan mobil dan 11,2 juta yang menggunakan sepeda motor.

Mereka yang menggunakan mobil merujuk pada data bahwa pergerakan mobil mencapai sekitar 2,4 juta unit. Dengan asumsi setiap mobil rata-rata diisi oleh 4 orang maka muncul angka 9,6 juta orang. Sedangkan mereka yang menggunakan sepeda motor dengan asumsi setiap motor rata-rata diisi dua orang.

Melihat perkiraan penumpang musim mudik Lebaran tersebut komunitas Kopdar Pengicau (Kopcau) menuangkannya dalam poster digital mereka edisi ke-48. Poster dengan dominan warna kuning itu menyajikan angka-angka dan foto serta ilustrasi penumpang musim mudik. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 24 Juni 2016 04:23

    wah ternyata angkutan udara paling besar ya, kirain terbesar moda darat

Trackbacks

  1. Begini Profil Pergerakan Penumpang Musim Mudik 2016 — Edo Rusyanto’s Traffic | Suetoclub's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: