Skip to content

Hampir Empat Juta SIM Mengguyur Jakarta

11 Juni 2016

sim keliling

TERNYATA selama lima tahun terakhir, 2010-2014 hampir empat juta surat izin mengemudi (SIM) diterbitkan Polda Metro Jaya. Artinya, setiap tahun Jakarta dan sekitarnya diguyur hampir 800 ribu SIM.

Jumlah SIM itu mencakup SIM terbitan baru, SIM perpanjangan, maupun SIM penggantian akibat hilang atau rusak. Sedangkan jenisnya merangkum SIM A, SIM B1, SIM C, hingga SIM D. Khusus SIM D adalah untuk kalangan difabel dan baru diperkenalkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya pada 2010.

Pada 2014, menurut laporan Transportasi Jakarta 2015 yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, mayoritas SIM yang diterbitkan adalah SIM C, yakni untuk pesepeda motor. Tahun 2014, SIM C yang diterbitkan mencapai sekitar 400 ribuan unit. Angka itu setara dengan sekitar 50,75% dari total SIM yang diterbitkan.

Data BPS DKI Jakarta menyebutkan, secara umum, tingkat pertumbuhan per tahun penyelesaian SIM selama lima tahun terakhir bertumbuh negatif 0,05%. Jenis SIM A dan SIM D mengalami pertumbuhan positif, yakni masing-masing sebesar 2,50% dan 16,36%.

Pertumbuhan SIM A tentunya terkait dengan semakin mudahnya masyarakat untuk membeli mobil. Pembayaran uang muka mobil pada saat ini jauh lebih kecil dibandingkan pembayaran uang muka pada lima tahun lalu. “Hal itu mengakibatkan masyarakat untuk memiliki mobil cukup tinggi,” tulis laporan tersebut.

Di sisi lain, BPS DKI Jakarta mengingatkan, tanpa persyaratan yang ketak dalam seleksi kepemilikan SIM maka keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan di jalaran raya akan sulit didapat.

Nah, ironisnya, fakta data Korlantas Mabes Polri memperlihatkan, pada periode semester pertama 2015 sekitar 58% pelaku kecelakaan adalah mereka yang tanpa SIM. Data itu memang tidak merinci kenapa para pelaku itu tanpa SIM. Pastinya, setiap hari ada 148 pelaku kecelakaan yang datang dari kelompok tersebut.
Bila dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya, pelaku tanpa SIM meningkat sekitar 7%. Gejala apakah sehingga mereka yang tanpa SIM meningkat? (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 13 Juni 2016 11:56

    gejala infeksi virus sruntulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: