Skip to content

Ini Kendaraan yang Merajai Jalan Jakarta

10 Juni 2016

libas zebra cross pasar hek1

KOTA Jakarta terus bergulir. Inilah pusat perputaran uang dan pemerintahan Ibukota Republik Indonesia. Tak heran jika pertumbuhan kendaraan bermotornya pun tak pernah berhenti setiap tahun.

Saking ngebutnya pertumbuhan kendaraan bermotor, sampai-sampai meninggalkan laju pertumbuhan jalan rayanya. Sekadar menyegarkan ingatan kita, panjang jalan pada 2014 tercatat 6,95 juta kilometer (km) atau setara dengan sekitar 42 juta meter persegi (m2). Jumlah itu tak berbeda jauh dengan kondisi lima tahun sebelumnya, mengingat pada 2010, panjang jalan tercatat 6,86 juta km. Artinya, dalam rentang lima tahun jumlah panjang jalan di Jakarta sekitar 0,01%.

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menyatakan, peningkatan kendaraan bermotor menunjukkan bahwa mobilitas penumpang maupun barang di DKI Jakarta juga selalu meningkat.

Nah, bagaimana dengan jumlah kendaraan bermotor yang ada di Jakarta? Jenis kendaraan bermotor apa yang merajai jalan-jalan di Jakarta?

Pertumbuhan kendaraan bermotor selama lima tahun terakhir di Jakarta, yakni rentang 2010-2014, mencapai 9,93% per tahun. Sepeda motor mencatat pertumbuhan tertinggi, yakni 10,54% per tahun. Lalu, mobil penumpang (8,75%), mobil beban (4,46%), dan bus (2,13%).

BPS menyimpulkan, peningkatan jumlah kendaraan yang cukup besar pada jenis sepeda motor karena kendaraan itu saat ini masih merupakan kendaraan yang dianggap paling ekonomis. Selain harganya terjangkau, proses kepemilikan sepeda motor juga sangat mudah. Banyak perusahaan leasing yang berlomba-lomba untuk memasarkan sepeda motor. Hanya dengan uang beberapa ratus ribu rupiah sebagai uang muka, bahkan ada yang berani tanpa uang muka, seseorang sudah dapat memiliki sepeda motor.

Hal yang hampir sama terjadi pada jenis mobil penumpang. “Tingginya kepemilikan jenis kendaraan sepeda motor dan mobil penumpang ini karena saat ini masih sulit mendapatkan kendaraan umum yang aman, nyaman, mudah diakses, dan tepat waktu serta harganya relatif terjangkau,” tulis BPS dalam Laporan Statistik Transportasi DKI Jakarta 2015.

Jumlah kendaraan bermotor tersebut tidak termasuk kendaraan TNI, Polri, dan korps diplomatik.

Pada 2014, kendaraan didominasi sepeda motor, yakni 13,08 juta unit atau setara dengan 74,66% dari total populasi kendaraan bermotor yang mencapai sekitar 17,5 juta unit. Lalu, mobil penumpang 3,26 juta unit (18,64%), mobil beban 673 ribuan unit (3,84%), bus 362 ribuan unit (2,07%), dan kendaraan khusus 137 ribuan unit (0,79%).

Nah, jelaslah bahwa sepeda motor merupakan kendaraan yang merajai jalan-jalan di Jakarta dan sekitarnya. Coba aja lihat di sekeliling kita. Percaya? (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: