Skip to content

Memilukan, 438 Orang Tewas di Tol Jakarta

9 Juni 2016

dalkot jakarta tol2

MEMILUKAN. Sebanyak 438 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan di tol Jakarta. Tol itu mencakup Jagorawi, Jakarta-Tangerang Barat, Jakarta-Cikampek, dan Cawang-Tomang-Cengkareng alias tol yang dikelola PT Jasa Marga.

“Untuk kondisi yang dianggap sebagai jalan dengan kondisi relatif lebih ideal dibandingkan dengan jalan arteri pada umumnya, ternyata jalan tol tetap saja rawan terjadi kecelakaan,” tulis laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, dalam laporan Statistik Transportasi DKI Jakarta 2015.

Tewasnya empat ratusan pengguna tol di Jakarta itu terjadi dalam rentang lima tahun terakhir, yakni 2010-2014. Merujuk pada laporan BPS itu artinya di tol Jakarta setiap empat hari ada satu nyawa melayang lantaran kecelakaan. “Mayoritas, yakni 75% kecelakaan dipicu faktor pengemudi,” tulis laporan itu.

Disebutkan pula bahwa banyaknya jumlah kendaraan bermotor tidak diikuti dengan kesadaran pengguna jalan untuk mentaati rambu-rambu lalu lintas atau saling menghormati sesama pengguna jalan. Ketidakdisiplinan dari pengguna jalan ini membahayakan pengguna jalan yang lain. Tak heran bila dalam rentang lima tahun terakhir terjadi 6.147 kecelakaan atau setara dengan 1.229 kasus per tahun. Dapat disimpulkan bahwa setiap hari terjadi tiga kasus kecelakaan di tol Jakarta.

Sekalipun demikian, BPS DKI Jakarta menyatakan, sistem angkutan darat di jalan tol kelihatannya semakin membaik bila melihat jumlah kecelakaan di tol tersebut dalam rentang 2010-2014 yang -2,52% per tahun. Dari sisi korban meninggal tercatat -2,57% per tahun.

Di sisi lain, masih kata BPS DKI Jakarta, faktor penyebab kecelakaan di faktor pengemudi turun rerata 0,75% di rentang waktu 2010-2014. Lalu, faktor penyebab kecelakaan kendaraan turun lebih dalam lagi, yakni 9,04%. Sedangkan faktor lingkungan anjlok hampir 12% per tahun. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: