Skip to content

Pertigaan Maut Ini Bukan Mustahil Juga Ada di Indonesia

8 Juni 2016
Motorola RAZRV3x 85.98.90R 2009:04:09 12:28:55

Motorola
RAZRV3x
85.98.90R
2009:04:09 12:28:55

SAAT menyaksikan video ini pertama kali cukup tercengang. Bagaimana tidak, di kawasan yang sama terjadi berulang-ulang kecelakaan lalu lintas jalan. Mulai dari sepeda motor menabrak mobil, sepeda motor versus sepeda motor hingga kendaraan menabrak pejalan kaki. Miris.

Lokasi kecelakaan di kawasan pertigaan jalan. Dalam rekaman video tak tampak ada lampu lalu lintas jalan di pertigaan tersebut. Hanya ada marka jalan garis lurus dan garis putus-putus di mulur pertigaan jalan. Praktis para pengguna jalan harus berimprovisasi sendiri.

Ironisnya, saat pengguna jalan yang kurang teliti melintas, terjadilah tabrakan. Misal, saat mobil hendak berbelok tiba-tiba hadir pesepeda motor sehingga terjadi tabrak samping. Bahkan, ada pesepeda motor menabrak pesepeda motor lantaran tidak melihat kendaraan yang datang dari arah lain ketika hendak berbelok.

Ada yang lebih ironis, yakni ketika pedestrian menyeberang jalan tertabrak pesepeda motor. Dalam tayangan video terlihat dengan jelas bagaimana pedestrian tadi menyeberang hanya memperhatikan arus kendaraan dari arah kiri jalan. Padahal, ada sepeda motor lain yang datang dari arah kanan jalan. Ironisnya, laju pesepeda motor tadi cukup kencang sehingga tabrakan fatal pun tak terhindarkan.

Bila dilihat dengan seksama, lokasi kejadian pertigaan maut itu bukan di Indonesia. Saya menduga lokasinya ada di Malaysia. Namun, bukan mustahil tempat seperti itu juga bisa ada di Indonesia. Jika itu ada Indonesia punya Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang berwenang menginvestigasi kenapa terjadi kecelakaan berulang di lokasi yang sama.

Lihat saja Peraturan Presiden No 2 tahun 2012 tentang Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Perpres itu menyatakan, investigasi kecelakaan transportasi adalah kegiatan penyelidikan dan penelitian terhadap penyebab kecelakaan transportasi dengan cara pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data secara sistematis, dan obyektif agar kecelakaan transportasi dengan penyebab yang sarna tidak terulang kembali.

Sementara itu, pelaksanaan tugas investigasi kecelakaan transportasi oleh KNKT dilakukan tidak untuk menentukan kesalahan dan kelalaian atas terjadinya kecelakaan transportasi. Pemberian rekomendasi hasil investigasi kece!akaan transportasi kepada pihak terkait o!eh KNKT dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kece!akaan transportasi dengan penyebab yang sarna. Selain itu, rekomendasi hasil investigasi kece!akaan transportasi ditindaklanjuti o!eh para pihak terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: