Skip to content

Video Unik Ini Bisa Jadi Pembelajaran Menarik

7 Juni 2016

video unik lalin

PERHATIKAN dengan seksama arus lalu lintas jalan di sebuah persimpangan jalan ada di video ini. Beragam kendaraan dan pejalan kaki tumpah ruah. Namun, tak satu pun kecelakaan terjadi.
Arus kendaraan bermotor hilir mudik. Ada mobil pribadi, mobil angkutan umum, dan sepeda motor yang berseliweran. Ada pesepeda kayuh dan pedestrian yang bersilangan jalan. Bahkan, pedestrian ada yang harus setengah berlari.

Suasana di persimpangan jalan tampak semrawut. Bisa jadi adegan ini melalui proses latihan yang matang. Artinya, setiap pergerakan sudah dihitung dengan seksama sehingga tanpa tabrakan sama sekali. Karena itu, video itu diberi judul ‘Unik Kok bisa ya Tidak tabrakan di Perempatan tanpa Lampu Merah’ oleh pengunggah.

Video berdurasi sekitar 51 detik itu diunggah pada Oktober 2015. Video itu seperti mengirim tiga pesan penting kepada para penontonnya.

Pertama, pesan itu seperti berbunyi bahwa sekalipun semrawut, kecelakaan tidak terjadi jika semuanya terukur. Sedangkan pesan kedua, seakan ingin berbicara bahwa lewat kedisiplinan bisa mencegah terjadinya tabrakan. Ketiga, pesan yang mencuat adalah bahwa semua ada porsinya.

Pesan itu bila direfleksikan dalam keseharian memberi pelajaran yang luar biasa. Kita terlalu sulit membendung terus bermunculannya kendaraan bermotor. Masyarakat terus membeli, sedangkan produsen otomotif terus memproduksi guna memenuhi kebutuhan konsumen.

Hal yang amat mungkin bisa dilakukan adalah menata pemanfaatannya secara apik. Maksudnya, bila para pengguna kendaraan bermotor disiplin pada aturan yang ada kita akan menemui lalu lintas jalan yang lebih humanis.

Lalu, setiap pengguna jalan ada porsinya. Misal, pedestrian porsinya di trotoar, sedangkan lajur busway untuk bus Trans Jakarta.

Di sisi lain, ketrampilan pengemudi yang mumpuni melengkapi kedisiplinan tadi menjadi ritme arus kendaraan yang terukur. Ketika itulah insiden maupun kecelakaan, terutama tingkat kefatalannya bisa direduksi dengan seksama. Pertanyaannya, bagaimana membangun kedisiplinan berlalulintas jalan? (edo rusyanto)

foto:youtube

2 Komentar leave one →
  1. 7 Juni 2016 08:19

    itu video beneran atau di percepat ya om? kok bisa akurat begitu

    • 7 Juni 2016 18:51

      ada yg bilang itu video editan, tapi terlepas dari itu pesan yg dikirim tampaknya cukup dalam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: