Skip to content

Indonesia Bisa Bikin Dua Juta Mobil per Tahun

2 Juni 2016

mobil kapasitas 2016

DALAM usia tujuh puluh satu tahun, Indonesia punya kemampuan memproduksi sekitar dua juta mobil setiap tahun. Tak heran, bila jalan raya di kota-kota besar, mobil tumpah ruah.

“Kapasitas produksi mobil di Indonesia tahun 2012 baru sekitar 1,3 juta per tahun, tapi tahun 2016 sudah sekitar dua juta unit per tahun,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan, dalam sebuah diskusi yang digelar Forum Wartawan Industri (Forwin), di Jakarta, baru-baru ini.

Artinya, dalam rentang lima tahun terakhir, kapasitas produksi mobil di Tanah Air melonjak sekitar 46% alias rata-rata tumbuh sekitar 9% per tahun. Bagaimana dengan produksinya?

Setiap tahun, lanjut dia, dalam rentang lima tahun terakhir, rata-rata diproduksi satu juta mobil. Puncaknya pada 2014, yakni sekitar 1,3 juta unit. “Artinya, utilisasi industri mobil di atas 50%,” paparnya.

Tunggu dulu, bagaimana dengan penjualan di Tanah Air?

Menurut Putu, penjualan rata-rata dalam rentang lima tahun terakhir juga sekitar satu juta unit. Puncak penjualan mobil terjadi pada 2012, yakni sekitar 1,2 juta mobil. Banyak kan?

“Tapi, kita butuh banyak produksi karena belum bisa menyamai Thailand. Pemerintah terus memberikan insentif bagi industri otomotif,” tegas dia.

otomotif mobil tenaker di RI

Sementara itu, Sekjen Institut Otomotif Indonesia, Yanuarto WH, mengatakan, saat ini ada 20 perusahaan perakit mobil di Indonesia. Mereka menyerap sekitar 1,3 juta tenaga kerja dari berbagai tingkatan. Mulai dari pekerja pabrik pembuat mobil, industri komponen hingga pekerja di gerai penjualan mobil.
 
Menurut dia, daya saing industri otomotif kita masih perlua diperkuat di kancah global. Termasuk memperkuat daya saing pasar global di industri tier 2 dan 3. “Kemudian pemerintah mesti membuat kebijakan yang strategis untuk lebih mengembangkan produk yang bernilai tambah tinggi terutama CBU dan komponennya,” tutur dia dalam diskusi yang sama.

Bila produksi mobil lancar jaya, tak heran jika populasi kendaraan bermotor pun kian mebubung. Saat ini, setidaknya ada sekitar 12 juta mobil pribadi di Indonesia. Bila rata-rata per tahun terjual satu juta unit saja, dalam lima tahun ke depan setidaknya ada 17 juta mobil. Tunggu dulu, kalau dibandingkan populasi sepeda motor, angka populasi mobil jauh lebih rendah. Kini, setidaknya ada sekitar 98 juta sepeda motor di seantero Nusantara. (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 2 Juni 2016 19:30

    Jeleknya, penyerapannya buat lokal gede banget.. masa kalah sama thai yg jago ekspor..

  2. 7 Juni 2016 09:05

    Makin terlihat bagaimana keberpihakan pemerintah terhadap angkutan umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: