Lanjut ke konten

Gencar Lagi Penilangan Tidak Menyalakan Lampu Utama Siang Hari

27 Mei 2016

lampu utama siang hari2

TERNYATA pesepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari benar-benar ditilang. Kalau mengutip data Operasi Patuh Jaya 2016, rata-rata ada 30-an pesepeda motor yang kena tilang setiap harinya.

“Hingga hari ke-11 ada 3.571 penindakan pelanggaran lampu utama siang hari,” kata AKBP Budiyanto, kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya dalam pesan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 26 Mei 2016.

Periode penindakan dalam rentang 16-26 Mei 2016. Operasi Patuh Jaya 2016 adalah bagian dari Operasi Patuh yang digelar serempak di seluruh Indonesia.

Nah, kalau dibandingkan keseluruhan pelanggaran yang ditindak, soal lampu utama siang hari menempati posisi empat besar. Persis di bawah pelanggaran pemakaian helm yang dalam periode itu tercatat 6.424 kasus.

Di Indonesia, kewajiban menyalakan lampu utama pada siang hari bagi pesepeda motor baru dikenal pada 2009. Aturan itu mencuat saat Undang Undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) diterbitkan pada 22 Juni 2009. UU itu menggantikan UU LLAJ No 14 tahun 1992 yang berlaku selama 17 tahun.

Aturan tersebut menyatakan para pesepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Defenisi siang hari ditegaskan dalam rentang waktu pukul 06.00 hingga 18.00.

Para pelanggar aturan tersebut dibidik dengan sanksi denda maksimal Rp 100 ribu. Atau, pidana penjara maksimal 15 hari.

Oh ya, pesepeda motor juga diwajibkan menyalakan lampu utama pada malam hari. Hal serupa juga mewajibkan para pengendara mobil.

Hanya saja, sanksi bagi pelanggaran kewajiban malam hari didenda maksimal Rp 250 ribu. Atau, pidana penjara maksimal satu bulan. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: