Lanjut ke konten

Gara-gara Berponsel, Tiap Hari 45 Orang Dirazia

26 Mei 2016

berponsel mengemudi1

RUPANYA kepolisian sedang getol melototin pengendara yang gemar berponsel. Mereka yang kedapatan mengemudi sambil berponsel langsung ditilang.

“Selama sepuluh hari Operasi Patuh Jaya 2016 ada 454 kasus HP yang ditilang,” papar AKBP Budiyanto, kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, dalam pesan tertulisnya, Rabu, 25 Mei 2016.

Rentang waktu itu 10 hari itu mulai 16 Mei 2016 hingga 25 Mei 2016. Artinya, setiap hari rata-rata 45 pengendara yang kena cokok. Dan, amat mungkin angka itu barulah puncak gunung es dari realita yang ada.

Kebiasaan berkendara sambil berponsel kini mewabah. Tentu seiring dengan membanjirnya penjualan ponsel. Di Tanah Air kita, kini setidaknya ada 200 juta ponsel yang merangsek seantero negeri. Berponsel bagai kebutuhan utama kehidupan sehari-hari masyarakat.

Di Jakarta bahkan kerap saya jumpai satu orang dengan dua ponsel. Entah satu untuk kebutuhan mengakses data dan satunya untuk layanan suara. Atau, dua ponsel untuk dua nomor berbeda dengan fungsi yang berlainan. Pastinya, berponsel menjadi gaya hidup, selain memenuhi kebutuhan berkomunikasi.

Kembali soal getolnya polisi lalu lintas nangkepin yang berponsel. Penindakan itu dilakukan dengan alasan aktifitas berponsel tadi bisa memicu terjadinya kecelakaa lalu lintas jalan. Aktifitas berponsel dapat merusak konsentrasi pengemudi. Coba aja perhatikan. Pengemudi yang berponsel pasti tidak stabil mengemudinya. Paling buruk tentu saja bisa berujung petaka di jalan raya.

Setiap hari, rata-rata ada satu kasus kecelakaan yang dipicu aktifitas berponsel sambil mengemudi. Itu data dari Korlantas Polri yang menaungi keselamatan berlalu lintas jalan di Indonesia.

Pengemudi yang berponsel bisa dibidik oleh UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Aturan ini mempunyai sanksi cukup berat. Para pelanggar aturan bisa dikenai sanksi pidana penjara maksimal tiga bulan. Atau, denda maksimal sebesar Rp 750 ribu. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: