Skip to content

Jejeran Pohon Mengadang Pedestrian di Trotoar

21 Mei 2016

pohon trotoar denpasar jaksel1

TROTOAR disesaki pedagang kaki lima sudah menjadi pemandangan lumrah di sejumlah kota besar saat ini. Begitu juga pemandangan sepeda motor meluber hingga ke trotoar.

Tak heran apabila para pedestrian di kota-kota besar tergolong ringkih. Trotoar tempat mereka melintas kerap dijarah oleh pihak yang bukan semestinya. Bukan hanya dijarah pesepeda motor atau pedagang kaki lima, ada juga toko yang menjembreng barang dagangannya di trotoar. Belum lagi mereka yang parkir seenaknya di atas trotoar. Kisruh deh.

Alih-alih mendapatkan kenyamanan, malah nestapa yang hadir di tengah pedestrian. Tiap hari, belasan pedestrian meregang nyawa lantaran kecelakaan lalu lintas jalan. Itu belum lagi mereka yang menderita luka-luka akibat menjadi obyek kecelakaan.

Sejumlah kalangan pun pernah angkat bicara untuk menyerukan pengembalian fungsi trotoar sebagai tempat melintas pedestrian. Sejumlah elemen masyarakat ada yang gigih berjuang. Bahkan, bocah ingusan ikut geram atas penjarahan hak pedestrian.

Nah, soal sosok yang nongkrong di trotoar ada pemandangan lain yang sempat saya lihat di salah satu sudut kota Jakarta Selatan. Sejumlah pohon bertengger di trotoar. Bisa jadi pohon itu lebih dulu tumbuh di areal trotoar tersebut. Praktis agak riskan menebang pohon tadi.

Pemandangan di kawasan Jl Denpasar, Jakarta Selatan itu juga menyodorkan fakta minimnya pedestrian yang melintas. Bila pedestrian melintas rasanya menjadi lebih teduh karena rindangnya dedaunan pohon. Bahkan, ada diantara pohon itu yang akarnya menjuntai kemana-mana sehingga mengesankan kekokohon sang pohon.

Kalau sudah begini entah apa yang harus dilakukan? Barangkali hanya waktu yang bisa menjawab. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. bambang permalink
    23 Mei 2016 08:44

    lebih baik pohon nangkring di trotoar daripada pkl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: