Skip to content

Pedestrian Juga Mesti Waspada di Jalan Raya

19 Mei 2016

jalan ngawur nih

PEDESTRIAN mesti ekstra waspada ketika berjalan di jalan raya. Berjalan di trotoar saja masih ada risiko, apalagi melintas di badan jalan.

Ironisnya, kadang kita jumpai pejalan kaki yang melintas di bukan peruntukkannya. Misal, berjalan di badan jalan, walau telah tersedia trotoar. Atau, menyeberang di badan jalan, padahal tersedia jembatan penyeberangan orang (JPO).

Ada lagi yang juga cukup ironis. Misal, berjalan sambil berponsel. Entah sambil membaca pesan tertulis atau sedang mengirim pesan tertulis di ponselnya.

Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memasukan pedestrian ke dalam kelompok yang rentan kecelakaan lalu lintas jalan. Pada 2015, dari sekitar 1,25 juta korban jiwa akibat kecelakaan di jalan, sekitar 22% nya adalah para pejalan kaki.

Di negara kita, pada 2015, diperkirakan angkanya tidak jauh berbeda, yakni 20-an% dari total korban kecelakaan adalah pedestrian. Belasan orang tewas setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Artinya, kita para pejalan kaki juga mesti ekstra waspada dan berjalan dengan penuh kehati-hatian. Maklum, bukan mustahil pedestrian pun menempati posisi sebagai subyek kecelakaan.

Di dunia, pada 2015, dari sekitar 1,25 juta korban jiwa akibat kecelakaan di jalan, sekitar 22% nya adalah para pejalan kaki.

Di sisi lain, kita juga menjumpai trotoar jalan yang dijarah. Para pedestrian tersingkir oleh para penjarah seperti pedagang kaki lima, toko yang menempatkan barangnya di trotoar, atau pesepeda motor yang merangsek. Bukan saja sepeda motor yang melintas di trotoar, tapi juga oleh sepeda motor yang diparkir di area trotoar. Tak jarang, kita juga menjumpai aneka mobil yang diparkir di trotoar. Bahkan, area JPO pun ada yang diisi dengan para pedagang kaki lima.

Kembali ke kita para pejalan kaki. Kewaspadaan jangan pernah lepas ketika berjalan. Gunakan trotoar sebagai area berjalan kaki. Agak bingung juga ketika ada pedestrian yang melintas di badan jalan, padahal di sebelahnya tersedia trotoar. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 19 Mei 2016 12:13

    pertamax ah….

    https://reardiscbrakes.wordpress.com/2016/05/19/aksi-sulap-gaya-baru-di-parkiran-motor/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: